STUDI ANALISIS PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG TERHADAP MAHASISWA NON-MUSLIM

Tommy, Hidayat (2019) STUDI ANALISIS PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG TERHADAP MAHASISWA NON-MUSLIM. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan Universitas Muhammadiyah Kupang yang mayoritas mahasiswanya adalah non Muslim. Pendidikan Al-Islam dan Kumuhammadiyahan (AIK) merupakan kurikulum wajib di seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Demikian pula di Universitas Muhammadiyah Kupang mata kuliah ini menjadi sangat strategis bagi misi dakwah Muhammadiyah dalam mengenalkan Islam dan Muhammadiyah dengan nilai-nilai universal yang terkandung didalamnya. Namun disadari bahwa masih banyak kendala dan persoalan yang dihadapi sehingga perlu upaya maksimal dan sungguh-sungguh untuk perbaikan dimasa datang. Dari Kenyataan ini mendorong penulis untuk meneliti tentang bagaimana konsep pengembangan pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Kupang terhadap mahasiswa non Muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang konsep dan strategi pengembangan pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan terhadap mahasiswa non Muslim. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep pengembangan pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Kupang kurikulumnya dibuat oleh dosen pengampu telah disesuaikan dengan Pedoman terbaru yang dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang standar AIK. Materi yang diberikan untuk semua fakultas adalah AIK 1 dan AIK 3, diberlakukan sesuai dengan sebaran mata kuliah yang dikeluarkan oleh BAAK Universitas Muhammadiyah Kupang. Adapun AIK 4 hanya diberikan kepada mahasiswa FAI, dan untuk AIK 2 dengan materi akhlak dan ibadah praktis dijadikan mata kuliah Agama Islam yang hanya diajarkan kepada mahasiswa Muslim, sebagaimana juga mata kuliah Agama Kristen Katolik, Protestan dan Agama Hindu yang diajarkan hanya kepada mahasiswa penganut agamanya masing�masing. (2) Strategi dan metode yang digunakan dalam pembelajaran AIK terhadap mahasiswa non Muslim mengunakan strategi formal dan non formal. Strategi formal yaitu metode pembelajaran langsung dan variatif, seperti ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas. Strategi non formal yaitu metode praktik lapangan dan hidden agenda

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:02
Last Modified: 23 Dec 2021 02:02
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7095

Actions (login required)

View Item View Item