IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA MAIN PERAN DAN BIMBINGAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI TK DAARUL QUR’AN INTERNASIONAL TANGERANG

Ahmad, Syamsudin (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA MAIN PERAN DAN BIMBINGAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI TK DAARUL QUR’AN INTERNASIONAL TANGERANG. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi model pembelajaran sentra main peran dan bimbingan guru dalam pembentukkan karakter siswa di TK Daarul Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana implementasi model pembelajaran sentra main peran dan bimbingan guru dalam pembentukan karakter anak di TK Daarul Qur’an Internasional serta faktor pendukung dan penghambat implementasinya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran sentra main peran dan bimbingan guru dalam pembentukan karakter anak di TK Daarul Qur’an Internasional serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Subjek dalam penelitian ini ialah 26 siswa TK B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran sentra main peran dan bimbingan guru berpengaruh dalam pembentukkan 3 karakter siswa yaitu disiplin, mandiri dan tanggung jawab di TK Daarul Quran Internasional. Dengan 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan awal main, pijakan individual main/ pijakan main, pijakan setelah main menunjukkan pengembangan karakter disiplin, mandiri, dan tanggung jawab. Sedangkan dalam implementasi bimbingan guru dalam pembentukkan karakter terbagi dua kegiatan yaitu kegiatan terprogram dan kegiatan pembiasaan. Faktor Pendukung pertama, guru kelas TK B lulusan SI PAUD yang paham tentang PAUD, model pembelajaran sentra, materi tema setiap bulan, komunikasi yang efektif dan kemampuan membimbing siswa. Kedua, tersedianya fasilitas yang mendukung diantaranya ruang kelas yang ber AC, lapangan futsal untuk umum dan fasilitas antar jemput, tersedianya alat peraga, kebersihan dan kerapihan ruangan kelas. Ketiga, pelatihan dan magang bagi guru pengajar sentra. Keempat, kebijakan keuangan dari yayasan yang memfasilitasi kegiatan sekolah. Faktor penghambat implementasi model pembelajaran sentra main peran dan bimbingan guru dalam pembentukkan karakter siswa di TK Daarul Qur’an Internasional Tangerang. Pertama, Guru sentra peran sering berganti orang, adanya perpindahan guru sentra main peran di pertengahan semester, belum memahami betul tentang sentra main peran. Kedua, alat permainan edukatif (APE) yang tersedia masih kurang, ruangan sentra peran belum bisa disetting di pagi hari. Ketiga, perlunya pengadaan fasilitas yang menunjang program bimbingan guru seperti, sound system untuk kagiatan tahsin tahfidz dan senam, halaman khusus untuk anak bermain gross motor. Keempat, beberapa guru latar belakang pendidikan bukan Paud, kelima, beberapa guru motivasi belajarnya rendah, keenam, guru yang hafal 30 juz dibidang tahsin dan tahfidz sedikit, ketujuh, Orang tua belum maksimal dalam mensupport kegiatan anak.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 22 Dec 2021 07:15
Last Modified: 22 Dec 2021 07:15
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7092

Actions (login required)

View Item View Item