PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DAARUL QUR’AN INTERNASIONAL KOTA TANGERANG

DICKY, PERMANA PUTRA (2019) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DAARUL QUR’AN INTERNASIONAL KOTA TANGERANG. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa, pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa dan pengaruh kompetensi profesional guru dan pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di SMP Daarul Qur’an Internasional secara bersamaan sebanyak 184 responden. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket/kuisoner, observasi dan domumentasi. Analisa data ditempuh melalui analisa korelasi dan regrsi. Hasil penelitian pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa di SMP Daarul Qur’an Internasional Kota Tangerang yang tunjukkan dengan nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 yang terbukti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,385 dan koefisien determinasi (R2 ) 14,8 %. Terdapat hubungan positif dan signfikan antara metode diskusi dengan prestasi belajar siswa di SMP Daarul Qur’an Internasional Kota Tangerang yang tunjukkan dengan nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,221 dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 4,2 %. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dan metode diskusi secara bersama�sama (simultan) dengan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Daarul Qur’an Internasional Kota Tangerang ditunjukkan oleh nilai probabilitas (sig.F change) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Koefisien korelasi sebesar 0,386 sedangkan koefisien determinasisebesar 14,9%. Saran untuk pihak sekolah, guru dan orang tua murid yaitu merencanakan dan membuat kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar siswa, dengan cara membekali dan mendorong tiap guru untuk memperhatikan aspek kompetensi guru pada saat memberikan pelajaran. Guru harus menjadikan hasil belajar sebagai salah satu aspek prioritas dalam pembelajaran. Dengan kata lain guru harus memiliki kompetensi profesional. Pada saat kembali ke kehidupan bermasyarakat, guru tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan intelektualitasnya saja untuk bisa menjadi sukses. Orang tua juga harus secara aktif ikut serta dalam mendidik anak khususnya di dalam lingkungan keluarga, tidak menyerahkan secara penuh kepada sekolah, karena pendidikan yang ideal itu berawal dari pendidikan keluarga.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 22 Dec 2021 07:15
Last Modified: 22 Dec 2021 07:15
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7090

Actions (login required)

View Item View Item