PENERAPAN KONSEP PEMBELAJARAN FIRST EDU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (STUDI KASUS DI KELAS III MI AN NAHL JAKARTA BARAT)

AHMAD, SAYUTIH (2020) PENERAPAN KONSEP PEMBELAJARAN FIRST EDU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (STUDI KASUS DI KELAS III MI AN NAHL JAKARTA BARAT). Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pola pembelajaran yang mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, kreativitas, nilai dan sikap pembelajaran dengan menggunakan tema. Namun demikian, terdapat permasalahan hasil belajar yang menunjukkan adanya penurunan, terutama pada mata pelajaran matematika yang terintegrasi dalam pelajaran tematik di kelas III dan kurangnya penerapan materi yang dipelajari peserta didik pada kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, diperlukan konsep pembelajaran di sekolah yang mampu membekas pada diri peserta didik, sehingga peserta didik dapat meningkatkan hasil belajarnya dan mengaplikasikan materi pelajaran yang dipelajarinya di sekolah pada kehidupan sehari-harinya dengan baik dan benar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, untuk mendeskripsikan penerapan konsep pembelajaran FIRST Edu pada pembelajaran tematik di MI An Nahl Jakarta Barat. Kedua, menganalisis dampak penerapan konsep pembelajaran FIRST Edu pada pembelajaran tematik di MI An Nahl Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua metode tersebut digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian tentang penerapan konsep pembelajaran FIRST Edu pada pembelajaran tematik di MI An Nahl Jakarta Barat. Data-data yang diperoleh dari berbagai metode tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Data yang diperoleh berupa kalimat-kalimat dan skala penilaian aktivitas siswa diubah menjadi kalimat yang bermakna. Dalam hasil penelitian ini, diketahui bahwa penerapan konsep pembelajaran FIRST Edu pada pembelajaran tematik dapat menimbulkan kesan yang mendalam pada peserta didik, sehingga hasil pembelajaran dapat diterapkan lebih lanjut ke dalam kehidupan sehari-hari melalui pelatihan dan pembiasaan yang dilakukan selama pembelajaran. Dari hasil analisis, terdapat temuan bahwa penerapan konsep pembelajaran FIRST Edu pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun dampak yang ditimbulkan dari penerapan konsep pembelajaran FIRST Edu pada pembelajaran tematik adalah peserta didik merasa senang pada pembelajaran tematik, sehingga meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 22 Dec 2021 07:14
Last Modified: 22 Dec 2021 07:14
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7089

Actions (login required)

View Item View Item