PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi kasus pada siswa kelas VI SD Islam YAKMI Kota Tangerang)

Rurun, Bariroh (2020) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi kasus pada siswa kelas VI SD Islam YAKMI Kota Tangerang). Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pendidikan yang dimiliki oleh orang tua siswa, pola asuh terhadap anaknya, prestasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam, menganalisis hasil pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh polah asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VI semester ganjil di sekolah dasar Islam YAKMI Kecamatan Pinang Kota Tangerang Tahun Ajaran 2019/2020. Desain atau metode pada penelitian mengunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun tujuan menggunakan metode penelitian kuantitatif adalah untuk menjelaskan, meramalkan, atau mengira-ngira dan mengontrol kejadian melalui pengumpulan data yang terfokus dari data numerik pada variabel diskrit yang berupa pengaruh tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam dengan menggunakan aplikasi SPSS 20 for windows. Adapun hasil penelitian setelah mengumpulkan data dengan menggunakan tekhnik observasi, angket, dan dokumentasi didapatkan bahwa berdasarkan uji tabel, maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua mempunyai pengaruh terhadap prestasi pendidikan agama Islam pada siswa kelas VI sekolah dasar Islam YAKMI tahun 2019 dengan nilai koifisien determinasi pada R Square menunjukkan 0,43, yang menunjukan bahwa 43 % dari varian kinerja dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel tingkat pendidikan orang tua dan pola asuh orang tua, sedangkan 57% sisanya dijelaskan oleh faktor lainnya seperti bagaimana membantu memecahkan kesulitan belajar, mendorong semangat dan kesungguhan anak dalam belajar, melakukan pemantauan proses saat anak belajar, mengingatkan anak dalam tugas belajar, mengadakan kegiatan diskusi dan lain-lain. Kata Kunci: Tingkat Pendidikan, Pola Asuh

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:56
Last Modified: 21 Dec 2021 07:56
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7087

Actions (login required)

View Item View Item