MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN CINTA TANAH AIR MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KLS XI SMA PERGURUAN “CIKINI” JAKARTA
Shabir, Tuhulele (2020) MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN CINTA TANAH AIR MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KLS XI SMA PERGURUAN “CIKINI” JAKARTA. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
TESIS.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana menanamkan karakter Disiplin dan Cinta Tanah Air Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas XI SMA Perguruan “Cikini” Jakarta dan kendala yang ditemui dilapangan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan secara nasional tentang ketidak pastian jati diri dan karakter bangsa yang bermuara pada belum dihayatinya nilai-nilai Pancasila sebagai ideology bangsa dan bergesernya nilai etika dalam berbangsa dan bernegara yang bisa mengancam disintegrasi dan melemahnya kemandirian bangsa. Disisi lain, lembaga pendidikan sebagai ujung tombak penanaman pendidikan karakter dibutuhkan perhatian lebih; oleh karenanya SMA Perguruan “Cikini” melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mengupayakan secara maksimal pendidikan karakter bagi para siswanya dan bagaimana menanamkan karakter disiplin dan cinta tanah air pada siswa agar menjadi siswa yang good and smart. Harapan ini disandarkan pada misi utama Rasulullah SAW untuk membentuk karakter yang mulia (Makaarimal Akhlaq) Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, bertujuan untuk menjelaskan fenomena�fenomena yang ditemukan berkait dengan upaya menanamkan disiplin dan cinta tanah air melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti pada siswa kelas XI SMA Perguruan “Cikini” Jakarta. Hasil penelitian ini mendiskripsikan bahwa: 1). Karakter disiplin dan cinta tanah air siswa kelas XI SMA Perguruan “Cikini” Jakarta. 2). Keberhasilan tersebut ditempuh melalui tiga jalur yakni a) pemberdayaan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, b) pengembangan RPP dan c) melalui penerapan kegiatan evaluasi hasil belajar. 3). Adapun kendala yang ditemui yakni a) kendala internal meliputi penerapan disiplin oleh guru yang kadang tidak seragam, usia guru yang masih relatip muda (hanya selisih usia sedikit dengan siswa) sehingga agak sungkan untuk tegas, guru yang selalu berganti karena diterima sebagai pegawai negeri, semangat kedisiplinan siswa yang masih rendah. b) kendalavii eksternal meliputi kurangnya motivasi disiplin dan cinta tanah air dari orang tua, arus globalisasi dan informasi yang kadang sulit dikendalikan. Dan diatas segalanya adalah masih belum maksimalnya keteladanan tentang disiplin dan cinta tanah air.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 07:56 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 07:56 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7085 |
Actions (login required)
View Item |