KOMPETENSI GURU DALAM PERSPEKTIF KITAB AT-TARBIYAH WA TA’LIM KARYA MAHMUD YUNUS ( ANALISIS PEDAGOGIS )

ABDUL, QODIR (2020) KOMPETENSI GURU DALAM PERSPEKTIF KITAB AT-TARBIYAH WA TA’LIM KARYA MAHMUD YUNUS ( ANALISIS PEDAGOGIS ). Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Guru harus memiliki kompetensi dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik dan sebagai bagian dari masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kompetensi Guru dalam Perspektif Kitab At-Tarbiyah Wa-Ta‟lim Karya Mahmud Yunus ( Analisis Pedagogis). Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), menggunakan pendekatan filosofis-historis. Pendekatan filosofis digunakan untuk membahas tentang konsep pemikiran Mahmud Yunus, sedangkan historis bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan biografi, karya dan sisi kehidupannya Kompetensi guru menurut UU No. 14 Tahun 2005 ada empat, meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Pendidikan mengalami tantangan pada Abad ke-21, segala macam aspek kebutuhan manusia mengalami kemajuan yang sangat pesat, baik dalam ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, bahkan pola sosial kemanusiaan /kemasyarakatan. Guru sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Tujuan umum dari pendidikan adalah untuk membentuk manusia unggul yang berkepribadian baik, dan jika tujuan mulia tersebut tercapai maka secara tidak langsung akan mewujudkan Indonesia menjadi Negara yang lebih baik, tapi dewasa ini sering kita saksikan fenomena-fenomena yang sering mencederai dunia pendidikan kita. Hal ini memberi signal pada kita bahwa dunia pendidikan kita masih belum mampu mewujudkan tujuan mulia dari pendidikan, pendidik mempunyai andil besar dalam proses pendidikan. Penulis tertarik untuk meneliti kompetensi guru dalam perspektif kitab at-tarbiyah wa-ta‟lim karya Mahmud Yunus, karena isi dari kitab sangat relevan dengan kondisi pendidikan saat ini. Berpijak dari latar belakang diatas, permaslahan pokok yang ingin dijawab dalam tesis ini adalah bagaimana kompetensi guru dalam perspektif kitab at-tarbiyah wa-ta‟lim karya Mahmud Yunus dan relevansinya tentang kompetensi guru saat ini. Dari hasil riset yang penulis lakukan, dapat disampaikan disini bahwasanya kompetensi guru dalam perspektif kitab at-tarbiyah wa-ta‟lim karya Mahmud Yunus dapat dilihat dalam dalam dimensi profesionalitas, padagogis, kepribadian dan sosial. Arinya pendidik dalam pandangan Mahmud Yunus disini harus professional, mempunyai kemampuan mendidik, kepribadian yang baik dan mempunyai sosial yang tinggi. Apabila dikaitkan dan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kompetensi guru saat ini ternyata sangat sesuai dan saling berkaitan, sebab pemikiran yang ditawarkannya terdapat ikatan saling mendukung dengan teori�teori kompetensi guru saat ini, dan sangat sesuai untuk menjadi rujukan dalam pengembangan proses pembelajaran bahkan relevan dengan pendidikan Islam saat ini.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:56
Last Modified: 21 Dec 2021 07:56
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7084

Actions (login required)

View Item View Item