KEBIJAKAN PENGGUNAAN GADGET DI MADRASAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus Pada Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Jakarta)

Andiyansyah, Andiyansyah (2020) KEBIJAKAN PENGGUNAAN GADGET DI MADRASAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus Pada Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Jakarta). Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Para ahli mendefinisikan gadget sebagai suatu alat elektronik yang berukuran kecil namun memiliki fugsi yang sangat banyak. Contohnya laptop, handphone, smartphone, ipod dan lain-lain. Pada penelitian ini penulis membatasi lingkup pembahasan pada gadget jenis smartphone saja. Smartphone ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi memiliki manfaat tetapi di sisi yang lain terdapat madharat (bahaya) yang mengintai penggunanya terutama pada kalangan pelajar. Madrasah Tsanawiyah Al-Falah turut berupaya menciptakan tujuan pendidikan nasional di Indonesia yakni “mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab“ dengan upaya mengadopsi sistem pembelajaran abad 21 yang salah satu cirinya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan piranti elektronik dalam kegiatan pembelajaran contohnya seperti smartphone dengan memberikan payung hukum penggunaan smartphone dalam Peraturan Akademik Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Bab V pasal 14 Ayat 5. Terdapat 18 karakter yang diharapkan tumbuh saat pelajar menamatkan pendidikannya di Indonesia. Hal ini termaktub dalam peraturan menteri pendidikan No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Seperti nilai karakter religius, jujur, displin, peduli sosial, hemat, toleransi, kerjasama, kreatif, mandiri demokratis dan lainnya. Tetapi pada penelitian ini penulis membatasi pembahasan pengaruh smartphone bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Falah hanya pada 3 nilai karakter yakni religius, disiplin dan peduli sosial. Penelitian ini menggunakan metode mixed method. Pada study kebijakan penggunaan smartphone di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah penulis menggunakan metode kualitatif dan pada pengaruh smartphone terhadap nilai karakter siswa kelas VIII penulis menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Falah membawa smartphone ke madrasah. Dari segi pengaruh, smartphone berpengaruh bagi nilai karakter religius sebesar 72% positif dalam arti baik dan 29% berpengaruh negatif dalam arti buruk. Bagi nilai karakter disiplin smartphone membawa pengaruh 75% positif dan 25% negatif, sementara pengaruh smartphone bagi nilai karakter peduli sosial 75% positif sementara sisanya 25% negatif. Pada uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa 74% smartphone berpengaruh baik, sementara 26% smartphone membawa pengaruh yang kurang baik bagi 3 nilai karakter siswa yang menjadi objek dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:56
Last Modified: 21 Dec 2021 07:56
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7082

Actions (login required)

View Item View Item