Meningkatkan Antusiasme Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Movie Learning Di SDI Al – Husain Pengasinan Depok

NELIS, SRIYULIANTI (2020) Meningkatkan Antusiasme Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Movie Learning Di SDI Al – Husain Pengasinan Depok. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang Metode pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan antusiasme peserta didik dalam belajar pada mata pelajaran PAI di SDI Al-husain Pengasinan Depok. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui Metode pembelajaran yang tepat dalam menggali antusiasme siswa pada mata pelajaran PAI, serta menganalisis dampak dari metode pembelajaran guru pendidikan agama Islam.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan spiritual, psikologis, pedagogis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang terdiri dari kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam, Sumber data sekunder adalah terdiri dari data dokumentasi penting yaitu, data guru, data peserta didik dan data sarana dan prasarana. penelitian yang utama adalah peneliti sendiri kemudian dikembangkan dengan menggunakan panduan pengamatan, wawancara, dan check dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di SDI Al – Husain Pengasinan Depok adalah strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran cooperative, strategi pembelajaran afektif dan strategi pembelajaran problem solving, yang didalamnya terdiri dari metode keteladanan, anjuran, Tanya jawab, diskusi, ceramah, pembiasaan, latihan, kerja kelompok, penugasan,panishment, reward. Adapun gambaran akhlakul karimah peserta didik dengan indicator penilaian yaitu keagamaannya, kedisplinannya, pergaulan, kebersihan dan tanggung jawab peserta ddidik. Adapun dampak dari strategi pembelajaran terhadap akhlakul karimah peserta didik sudah cukup baik yaitu peserta didik sudah mulai rajin ibadah, disiplin, bertanggng jawab, pergaulan serta pengembangan diri, walaupun belum mencapai sesuai yang diharapkan, sehingga strategi pembelajaran harus lebih dikembangkan lagi yaitu dengan cara mencari staregi-startegi pembelajaran yang dapat lebih meningkatkan akhlakul karimah peserta didik.Implikasi dari penelitian ini adalah metode movie learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap peningkatan antusiasme peserta didik di SDI Al – Husain Pengasinan Depok, secara teorotis cukup bagus, namun dampak tehadap akhlakul karimah peserta didik masih kurang, sehingga perlu pengembangan lebih dalam lagi.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:56
Last Modified: 21 Dec 2021 07:56
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7080

Actions (login required)

View Item View Item