PENGARUH GERAKAN LITERASI MADRASAH DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NURUL HUDA KEBAGUSAN JAKARTA SELATAN

NAUFAL, DHIYA HANNAN (2020) PENGARUH GERAKAN LITERASI MADRASAH DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NURUL HUDA KEBAGUSAN JAKARTA SELATAN. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Huda, Kebagusan, Jakarta Selatan dengan tujuan untuk menganalisis sejauhmana pengaruh gerakan literasi madrasah dan penguatan pendidikan karakter secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Nurul Huda, kebagusan, Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil analisis bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gerakan literasi madrasah dengan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Nurul Huda, Kebagusan, Jakarta Selatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi atau kekuatan pengaruh sebesar 0,616 pada tarap kepercayaan α = 0,01 yang berarti pasangan data variabel gerakan literasi madra sah (X1) dan variabel hasil belajar Bahasa Arab (Y) memiliki korelasi linier positif yang kuat karena nilai/harga koefisisen determinasi atau besarnya pengaruh R square sebesar 0,616, yang berarti bahwa gerakan literasi madrasah dapat memberikan pengaruh sebesar 61,6 % terhadap hasil belajar Bahasa Arab dan sisanya yaitu 38,4 % ditentukan oleh faktor lainnya. Selanjutnya juga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penguatan pendidikan karakter terhadap hasil belajar Bahasa Arab. Hal ini dapat ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi atau kekuatan pengaruh sebesar 0,531 pada tarap kepercayaan α = 0,01 yang berarti pasangan data variabel penguatan pendidikan karakter (X2) dan variabel hasil belajar Bahasa Arab siswa (Y) memiliki korelasi linier positif yang kuat karena nilai/harga koefisisen determinasi atau besarnya pengaruh R square sebesar 0,531, yang berarti bahwa penguatan pendidikan karakter dapat memberikan pengaruh sebesar 53,1 % terhadap hasil belajar Bahasa Arab dan sisanya yaitu 46,9 % ditentukan oleh faktor lainnya. Secara bersama-sama gerakan literasi madrasah dan penguatan pendidikan karakter juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Arab. Hal ini dapat ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi atau kekuatan pengaruh sebesar 0,769 pada tarap kepercayaan α = 0,01 yang berarti pasangan data variabel geraklan literasi madrasah (X1), penguatan pendidikan karakter (X2) dan variabel hasil belajar Bahasa Arab (Y) memiliki korelasi linier positif yang kuat karena nilai/harga koefisisen determinasi atau besarnya pengaruh R square sebesar 0,769 yang berarti bahwa gerakan literasi madrasah dan penguatan pendidikan karakter dapat memberikan pengaruh sebesar 76,9 % secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Arab dan sisanya yaitu 23,1% ditentukan oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:48
Last Modified: 21 Dec 2021 01:48
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7077

Actions (login required)

View Item View Item