PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBIASAAN PRAKTIK IBADAH SEBAGAI PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA DAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 22 JAKARTA

RABIATUL, ADAWIYAH (2020) PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBIASAAN PRAKTIK IBADAH SEBAGAI PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA DAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 22 JAKARTA. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat program pembiasaan praktik ibadah sebagai pembentukan akhlak mulia dan nilai-nilai karakter di MAN 22 Jakarta. Penelitian ini penting dilakukan karena pembiasan akhlak baik yang dilakukan setiap sekolah merupakan terobosan tersendiri akibat tidak memadainya tawaran pendidikan dalam Sistem Pendidikan Nasional. Sehingga masih banyak siswa yang memiliki moral yang tidak baik. Seperti terlibat pertengkaran antar pelajar, tidak sopan terhadap guru, dan berkepribadian tidak baik. Penelitian ini dilakukan untuk melihat program pembiasaan praktik ibadah sebagai pembentukan akhlak mulia dan nilai-nilai karakter di MAN 22 Jakarta dengan menggunakan metode kualitatif. Riset ini berbasis kepustakaan, yang didukung dengan data dokumentasi, buku-buku, interview dan observasi penulis. Adapun temuan dari penelitian ini adalah bahwa bermula dari komitmen sekolah agar terwujud lulusan yang berakhlakul karimah, kreatif, dan unggul dalam berprestasi, yang ditunjang dengan kurikulum muatan lokal, pembiasaan diri melalui penguatan sikap, pengetahuan dan keterampilan, maka nilai-nilai karakter siswa terbentuk dengan baik. Dari visi misi tersebut, sekolah berusaha untuk melakukan penguatan baik moral maupun intelektual kepada siswa melalui beberapa kegiatan yang dapat menunjang akademik maupun sebagai pembiasaan akhlak mulia. Seperti membuang sampah pada tempatnya, shalat berjamaah, tadarus bersama, dan lain sebagainya. Masing-masing diwujudkan melalui program-program yang diberikan oleh sekolah. Ada yang disebut sebagai program unggulan, yang meliputi kegiatan terperogram dan kegiatan keteladanan. Program unggulan tersebut dilaksanakan dengan diadakannya kegiatan konseling dan ekstra kurikuler. Seerti kegiatan Pramuka, PMR, Paskibra, Seni, dan Futsal. Kemudian program keteladanan dilakukann seperti mewajibkan memakai seragam yang telah ditentukan, mengucapkan salam dan bersalaman ketika bertemu guru, masuk tepat waktu, dan lain-lain. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut, dapat menunjang siswa MAN 22 khususnya sebelum pandemi terpantau mayoritas telah tertanam nilai-nilai karakter yang baik.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:48
Last Modified: 21 Dec 2021 01:48
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7076

Actions (login required)

View Item View Item