KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA MTS NEGERI 35 KEMANGGISAN JAKARTA BARAT

Ahmad, Bustomi (2019) KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA MTS NEGERI 35 KEMANGGISAN JAKARTA BARAT. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD BUSTOMI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jalannya aktivitas peserta didik dalam belajar membaca Al-Qur‟an di MTs Negeri 35 Jakarta, untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an di MTs Negeri 35 Jakarta, untuk mengetahui faktor dan kendala apa saja yang mempengaruhi proses belajar mengajar Al-Qur‟an di MTs Negeri 35 jakarta, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur‟an di MTs Negeri 35 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dan melalui metode observasi dan wawancara. Mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan, keikutsertaan, ketentuan pengamatan, dan trigulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Pembelajaran membaca Al- Qur‟an merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebelum pelajaran dimulai. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 - 07.30 WIB. Adapun jadwal setiap harinya yaitu hari Senin sholat dhuha dan Selasa tadarus bersama menambah materi baru, Rabu pengujian atau tes baca Al-Qur‟an sesuai dengan kaedah tajwid (2) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an yaitu membetulkan bacaan peserta didiknya ketika sedang di uji dan latihan menulis surat pendek pada hari Kamis, (3) Faktor yang menghambat pelaksanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an yaitu kemampuan membaca setiap anak berbeda-beda, alokasi waktu yang kurang, beberapa anak yang kurang semangat karena alasan tertentu, selain faktor penghambat ini terdapat juga faktor mendukung yaitu motivasi/ semangat siswa yang kuat, pertemuan antara guru dan murid yang sangat intensif, dan rasa tanggung jawab anak dalam menjalankan tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:46
Last Modified: 21 Dec 2021 01:46
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7062

Actions (login required)

View Item View Item