PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SDN TENGAH 01 KECAMATAN KRAMATJATI JAKARTA TIMUR

Rofiqoh, Rofiqoh (2021) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SDN TENGAH 01 KECAMATAN KRAMATJATI JAKARTA TIMUR. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa belum diketahuinya pengaruh pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, (2) Mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam,(3) Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas V SDN Tengah 01 kecamatan KramatJati Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian adalah orang tua siswa kelas V SDN Tengah 01 kecamatan Kramatjati Jakarta Timur sejumlah 114 orang tua. Instrumen dalam bentuk angket yang dikirim melalui google form. Analisis data menggunakan teknik korelasi.untuk mengetahui tingkat pengaruh variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y), baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Hasil penelitian yaitu (1) Pola asuh orang tua berpengaruh positif secara sendiri�sendiri/parsial terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dimana koefisien korelasi sebesar 0,703 menghasilkan thitung = 10,461 lebih besar dari ttabel = 1,98 pada α= 0,05, (2) Status sosial ekonomi berpengaruh positif secara sendiri�sendiri/parsial terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dimana koefisien korelasi sebesar 0,629 menghasilkan thitung = 8,556 lebih besar dari ttabel = 1,98 pada α= 0,05, (3) Pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dengan Koefisien korelasi ganda antara kedua variabel bebas dengan variabel terikat Ry.12 sebesar 0,796 menghasilkan Fhitung = 96,078 lebih besa koefisien korelasi tersebut, dapat dihitung koefisien determinasi (Ry.12)2 sebesar 0,634 berarti bahwa 63,4% proporsi varians hasil belajar Pendidikan Agama Islam dapat dijelaskan

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 20 Dec 2021 03:04
Last Modified: 20 Dec 2021 03:04
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7061

Actions (login required)

View Item View Item