UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI INKUIRI LEARNING DI SDN CEMPAKA BARU 01 KEMAYORAN JAKARTA PUSAT

EMI, YUSMIATI (2021) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI INKUIRI LEARNING DI SDN CEMPAKA BARU 01 KEMAYORAN JAKARTA PUSAT. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara jelas tentang pengaruh strategi pembelajaran inkuiri learning terhadap peningkatan minat belajar Peserta Didik kelas II di SDN Cempaka Baru 01 Kemayoran Jakarta Pusat pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kwalitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK) yang pelaksanaannya langsung dilapangan berupa pembelajaran online melalui aplikasi zoom meeting, google meet, vois not, video coll, atau video canference, google form, dan tanyangan berupa video-video pembelajaran melalui whatsapp group. Obyek penelitian ini adalah Peserta Didik kelas IIA SDN Cempaka Baru 01 Kemayoran Jakarta Pusat. Yang dilaksanakan pada bulan Juli 2021 sampai denga Agustus 2021, yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan secara online melalui virtual google meet. Hasil dari penelitian tindakan kelas dapat digambarkan sebagai berikut bahwa diawali dengan melakukan observasi pengumpulan data dan dokumentasi dengan hasil pengujian pra siklus dengan rata-rata minat belajarnya hanya 41%, data yang diperoleh menunjukan prosentasi minat belajar anak masih rendah oleh karena itu perlu dilakukan tindakan kelas. Setelah menemukan masalah kesulitan yang dialami anak dalam meningkatkan minat belajarnya, kemudian dilakukan tindakan yang direncanakan, melakukan pengamatan, stimulasi dan refleksi.Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan intervensi strategi pembelajaran inkuiri learning terjadi peningkatan minat belajar rata-rata 78% pada siklus 1 dan selanjutnya dilakukan siklus 2 yang menghasikan rata-rata 91% dari seluruh indikator yang diamatinya, ternyata melebihi dari sasaran yang diharapka yaitu 90%. Dengan demikian penelitian ini berhasil, terlihat dengan adanya peningkatan prosentasi dari setiap indikator minat belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa setelah diadakan tindakan kelas melalui pembelajar strategi inkuiri learning sangat membantu kesulitan-kesulitan dalam peningkatan minat belajarl Peserta Didik kelas II dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 20 Dec 2021 02:56
Last Modified: 08 Mar 2023 07:14
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item View Item