MENINGKATAN KELANCARAN MEMBACA AL QUR’AN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DI KELAS 5 SDN KELAPA DUA WETAN 06 PAGI KECAMATAN CIRACAS JAKARTA TIMUR

IMAS, MASRIAH (2021) MENINGKATAN KELANCARAN MEMBACA AL QUR’AN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DI KELAS 5 SDN KELAPA DUA WETAN 06 PAGI KECAMATAN CIRACAS JAKARTA TIMUR. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelancaran membaca Al - Qur’an melalui model pembelajaran e-learning di kelas 5A Sekolah Dasar Negeri Kelapa Dua Wetan 06 Pagi Kecamatan Ciracas Jakarta Timur, dimana pada saat pendemi orang tua sebagai guru di rumah mengalami kesulitan, mereka kurang mampu mengajarkan Al Qur’an kepada putra-putrinya. sehingga belajar membaca Al - Qur’an kurang maksimal. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pelaksanaannya langsung di lapangan berupa pembelajaran daring melalui model pembelajaran e-learning dengan aplikasi zoomeeting, googleform, padlet, voice not, video call, atau video cofrence, serta tayangan video melalui wathsapp group. Obyek penelitian ini adalah kelas 5A Sekolah Dasar Negeri Kelapa Dua Wetan 06 Pagi Kecamatan Ciracas Jakarta Timur dengan jumlah peserta didik 30. Hasil penelitian dapat digambarkan bahwa kondisi pra siklus kelancaran membaca Al Qur’an melalui aplikasi zoomeeting dan googleform nilai rata-rata kelas hanya 73 dari 15 peserta didik dengan ketuntasan 50%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama melalui model pembelajaran e-learning dengan aplikasi zoomeeting, padlet, video tutorial membaca Al Qur’an, dan video call mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata kelas menjadi 77 dari 22 peserta didik dengan ketuntasan 73%, karena masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM, maka dilanjutkan ke siklus kedua. Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus kedua melalui model pembelajaran e-learning dengan aplikasi zoomeeting, padlet, voice not, video tutorial membaca Al Qur’an, dan video call nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83 dari 29 peserta didik dengan ketuntasan 97%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas peserta didik kelas 5A Sekolah Dasar Negeri Kelapa Dua Wetan 06 Pagi Kecamatan Ciracas Jakarta Timur telah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 74.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:41
Last Modified: 16 Dec 2021 07:41
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7056

Actions (login required)

View Item View Item