STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI E-LEARNING DI SDN PADA GUGUS 8 CAKUNG JAKARTA TIMUR

NINGATINI, NINGATINI (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI E-LEARNING DI SDN PADA GUGUS 8 CAKUNG JAKARTA TIMUR. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan sebuah pembelajaran tidak lepas dari strategi guru dalam memberikan sebuah pembelajaran. Sejak pandemi Covid -19 melanda seluruh dunia dan terutama di pembelajaran, sehingga guru diharapkan memiliki strategi yang jitu dalam mengelola negeri kita Indonesia, seorang guru harus mampu memberikan pembelajaran untuk meningkatkan potensi dan kecerdasan anak didik. Guru harus tetap semangat memberikan pembelajaran walaupun secara E-learning, dan tidak terkecuali pembelajaran Al-Qur’an. Pembelajaran Al Qur’an merupakan bagian dari materi pendidikan agama islam yang termuat dalam kurikulum pendidikan yang harus diajarkan pada anak didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam pembelajaran Al-Qur’an melalui E-learning di SDN pada Gugus 8 Cakung Jakarta Timur, mengetahui faktor pendukung dan kendala yang dihadapi serta cara mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah kepala sekolah dan guru Pendidikan agama Islam yang ada pada SDN pada Gugus 8 Cakung Jakarta Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1. Strategi guru dalam pembelajaran Al�Qur’an melalui e-learning merupakan langkah-langkah guru dalam pembelajaran melalui media whatsapp maupun melalui aplikasi zoom meeting. 2. Faktor pendukung pembelajaran Al-Qur’an melalui E-learning adalah: a) Tersedianya sarana seperti kepemilikan ponsel atau laptop dan jaringan internet. b) Kemampuan dan kemauan guru dan anak didik dalam mengoperasikannya. c) Kerjasama yang baik dengan orangtua atau anggota keluarga lain dalam pendampingan dan bimbingan dalam belajar. d) Keikutsertaan anak didik dalam pembelajaran Al-Quran baik di Taman Pendidikan Al�Qur’an (TPA) atau pengajian lain diluar jam belajar sekolah. 3. Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran dan solusi yang diterapkan adalah terdapat beberapa anak yang tidak memiliki ponsel atau laptop dan jaringan internet. Adapun solusi yang diterapkan adalah memberikan arahan atau anjuran pada anak didik untuk belajar bersama teman terdekat yang dapat mengikuti pembelajaran secara E-learning, dan memberikan kelonggaran waktu dalam mengirimkan hasil belajar, hal ini dikarenakan anak dapat mengerjakan tugas pembelajaran setelah tersedianya ponsel atau laptop milik orangtua atau anggota lainnya.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:35
Last Modified: 16 Dec 2021 07:35
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7055

Actions (login required)

View Item View Item