PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID 19 PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI 107 JAKARTA
Murtafi’ah, Murtafi’ah (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID 19 PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI 107 JAKARTA. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
TESIS.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Peran orang tua dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid19 ini sangat berbeda dengan peran orang tua di era normal. Salah satu perbedaannya adalah dalam proses pendampingan pembelajarannya. Banyak orang tua yang merasa terbebani dengan pembelajaran daring, sehingga muncullah masalah-masalah di dalamnya. Termasuk di SMAN 107 Jakarta, banyak ditemukan permasalahan dalam pembelajaran daring. Untuk mengetahui lebih dekat dan lebih mendalam tentang proses pendampingan orang tua serta permasalahan yang muncul dalam pembelajaran daring, maka ditulislah tesis ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan tentang peran orang tua dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 107 Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Untuk menjelaskan tentang perbedaan dan persamaan cara pendampingan orang tua dalam proses pembelajaran daring di SMA negeri 107 jakarta tahun pelajaran 2020/2021. (3) Untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 107 Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, quesioner tag dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data, ada 3 tahap yang digunakan, yakni reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Kemudian, untuk pengujian keabsahan data, tesis ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menemukan, dalam pelaksanaan pembelajaran daring siswa kelas X IPS SMA Negeri 107 Jakarta menggunakan aplikasi zoom meeting dan WhatsApp group. Alasannya, karena lebih populer dan lebih sederhana. Selain itu, mereka juga menggunakan Google Classroom, khususnya dalam latihan soal atau ujian. Adapun peran orang tua dalam aktivitas pembelajaran ini tercatat sebagai berikut: (1) mendampingi anak belajar dan mengerjakan tugas, (2) mengawasi anak dalam penggunaan ponsel, (3) membantu menjelaskan materi apabila ada yang tidak/belum dimengerti, (4) menyediakan fasilitas belajar seperti ponsel atau kuota internet, (5) memberikan motivasi atau dukungan, (6) memberikan solusi bagi setiap kendala dan permasalahan dalam pembelajaran daring,
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 07:56 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 07:56 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7053 |
Actions (login required)
View Item |