UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SHOLAT SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL MASA PANDEMI COVID-19 DI SD AR-RAHMAN MOTIK JAKARTA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELAS 1B)

NUR, FADILAH (2021) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SHOLAT SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL MASA PANDEMI COVID-19 DI SD AR-RAHMAN MOTIK JAKARTA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELAS 1B). Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Sholat merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim, sehingga harus diajarkan kepada anak-anak sedini mungkin dengan gerakan dan bacaan yang benar sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW. Dalam situasi pandemi Covid-19, pembelajaran terhambat oleh banyak masalah diantaranya hilangnya tatap muka, intensnya interaksi antara guru dan siswa, serta pembiasaan Sholat yang terhambat pelaksanaannya di sekolah. Media audio visual menjadi pilihan dalam pembelajaran Sholat ini, dimana anak kelas I masih dalam usia dini dan cenderung lebih menyukai hal-hal visual ( nyata ), memperhatikan gerakan dalam video dan diharapkan mudah menirunya. Hal ini diyakini dapat menggantikan pembiasaan di sekolah yang dilakukan secara langsung. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas zoom meeting dan penggunaan media sosial lainnya. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan latar belakang penelitian di kelas IB SD Ar-Rahman Motik, Jakarta Selatan. Tujuan penelitian ini difokuskan pada peningkatan pemahaman sholat pada siswa kelas IB SD, dengan sub fokus bagaimana menggunakan media audio visual dalam pembelajaran Sholat, dan bagaimana pemahaman siswa tentang bacaan Sholat terkait dengan bacaan dan fungsinya. Tindakan dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan kegiatan pra siklus untuk menilai kemampuan siswa sebelum menggunakan media audio visual, kemudian siklus I anak diajarkan sholat dengan menggunakan media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum penggunaan media audio visual dengan setelah digunakan. Yaitu 11% baik, dan 89% kemampuan membaca bacaan sholat cukup dan kurang. 5% baik dan 95% kemampuan anak dalam melakukan gerakan Sholat cukup dan kurang, angka tersebut masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) setelah dilakukan Tindakan hasilnya adalah adanya peningkatan Yakni, 94% baik (39% baik dan 55% sangat baik). Sedangkan untuk gerakan sholat 100% baik (39% baik, 61% sangat baik) walaupun ada 6% atau 1 anak yang dinilai masih kurang dalam bacaan sholat. Namun secara keseluruhan 80% sudah memenuhi kriteria sehingga siklus II tidak diperlukan.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:29
Last Modified: 15 Dec 2021 04:29
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7050

Actions (login required)

View Item View Item