STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS DI SDIT Al UMMAH CIPUTAT – TANGERANG SELATAN

Fajar, Syamsi (2021) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS DI SDIT Al UMMAH CIPUTAT – TANGERANG SELATAN. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) Strategi kepala sekolah dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar di SDIT Al Ummah Ciputat-Tangerang Selatan di masa pandemi COVID-19 dan (2) Kegiatan belajar mengajar dan hambatan dari strategi yang dilakukan kepala sekolah di SDIT Al Ummah Ciputat-Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang di peroleh adalah sumber data primer maupun sumber data sekunder dan analisis data dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan kepala sekolah dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 di SDIT Al Ummah Ciputat-Tangerang Selatan sebagai berikut: 1). Meningkatkan kemampuan guru, 2). Optimalisasi penggunaan media dan sarana pendidikan, 3). Melakukan Supervisi atau/dan Assesment secara rutin, dan 4). Memotivasi guru untuk berkreasi dan inovasi dalam menggunakan strategi pembelajaran aktif pada proses kegiatan belajar mengajar. Adapun hambatan dari strategi tersebut adalah : 1). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak terlaksana dengan maksimal, 2). Pengeluaran kas sekolah menjadi lebih banyak, 3). Kebijakan kepala sekolah yang selalu berubah dan tidak konsisten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan kepala sekolah dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 di SDIT Al Ummah Ciputat-Tangerang Selatan tidak sejalan dengan teori yang dipaparkan oleh para peneliti lain yaitu teori menurut Triana Rosalina Noor dan Erwin Astutik: Pengembangan potensi para guru melalui pelatihan-pelatihan bagi SDM, penyediaan layanan ekstrakulikuler online bagi peserta didik, mempersipakan perangkat pembelajaran yang memadai pembelajaran dan optimalisasi penggunaan dana BOS.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 14 Dec 2021 08:26
Last Modified: 16 Mar 2023 05:07
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7046

Actions (login required)

View Item View Item