PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Hayun, Muhammad (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Intruksional, 2 (1). pp. 10-16. ISSN 2685-5645

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas V materi denah dan skala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa yang terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian dapat terlihat dari hasil perhitungan dengan uji t independen dan diperoleh t sebanyak 3,497 yang artinya lebih besar dari t 2.021, dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05, hal ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa di kelas eksperimen dengan siswa di kelas kontrol. Dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas V SD Islam Al-Musyarrofah. Hasil penelitian ini diharapkan ini dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkannya seperti kepala sekolah, guru, siswa, serta peneliti selanjutnya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Primary School Teacher Education / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Muhammad Hayun
Date Deposited: 07 Dec 2021 09:02
Last Modified: 07 Dec 2021 09:02
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7038

Actions (login required)

View Item View Item