Pengembangan Kreativitas Berpikir Anak Melalui Metode Drill (Latihan)
Damayanti, Anita (2020) Pengembangan Kreativitas Berpikir Anak Melalui Metode Drill (Latihan). In: Pendidikan Anak di Era Milenial. Rajawali Pers, Indonesia, pp. 1-10. ISBN 9786232313149
Text
2. E_BOOK PENDIDIKAN ANAK DI ERA MILENIAL (2).pdf Download (7MB) |
Abstract
Paradigma masyarakat yang menganggap Metode Pembelajaran drill adalah metode yang membunuh kreativitas berpikir, jika digunakan dengan cara yang benar dan tepat dapat meningkatkan kreativitas berpikir anak. Lebih dari itu melalui metode pembelajaran drill, keenam aspek perkembangan anak juga terbangun dan membantu siswa untuk melatih persepsi visual, memeprbesar kapasitas memori kerja otak anak (working memory)dan melatih siswa untuk bersungguh-sungguh (tekun) dalam menyelesaikan tugasnya yang dapat melatih pengendalian diri, disiplin dan perhatian (inhibitory control). Keterampilan memanipulasi bahan-bahan agar dapat menciptakan bentuk lain yang berbeda dalam setiap latihan, juga dapat melatih kemampuan memecahkan masalah pada anak (cognitive flexibility), dari bahan yang tidak berbentuk apa-apa, tidak berharga kemudian dirubah menjadi sesuatu bentuk dalam karya seni yang indah. Melatih memory kerja (working memory), melatih pengendalian diri, disiplin dan kontrol perhatian (inhibitory control) serta latihan memecahkan masalah (cognitive fleksibility) dari proses latihan-latihan yang dilakukan dalam metode drill sangat membantu terhadap perkembangan fungsi eksekutif (executive function) anak.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Anita Damayanti |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 01:23 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 01:23 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7024 |
Actions (login required)
View Item |