GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA TERHADAP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN KUESIONER DUNDEE READY EDUCATION ENVIRONMENT MEASURE MODIFIKASI PANDEMI

Sari, Anggi Nur Indah (2021) GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA TERHADAP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN KUESIONER DUNDEE READY EDUCATION ENVIRONMENT MEASURE MODIFIKASI PANDEMI. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI ANGGI NUR INDAH SARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Pendidikan memiliki peranan yang penting dalam proses pengembangan kemampuan manusia. Lingkungan belajar yang memiliki suasana nyaman dapat membuat mahasiswa meraih hasil belajar yang lebih baik. Namun akibat pandemi suasana pembelajaran berganti menjadi sistem pembelajaran dalam jaringan. Persepsi mahasiswa dibutuhkan untuk mengevaluasi aspek-aspek terhadap lingkungan pembelajaran daring. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa FK UMJ terhadap lingkungan pembelajaran daring menggunakan kuesioner DREEM modifikasi Pandemi. Dengan kuesioner DREEM kita dapat menilai persepsi mahasiswa terhadap dosen, akademik, suasana, sosial dan proses pembelajaran selama daring. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional dan menggunakan data primer berupa kuesioner. Hasil : Dari hasil penelitian didapatkan bahwa lingkungan pembelajaran daring selama pandemi sudah kearah positif 62.3% . Persepsi mahasiswa terhadap dosen sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran (51.9%), persepsi mahasiswa terhadap akademik sudah merasa mampu (68.8%), persepsi mahasiswa terhadap suasana pembelajaran sudah kearah positif (71.4%), persepsi mahasiswa terhadap sosial diri tidak terlalu buruk (61.0%) dan persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran sudah baik (67.5%). Kesimpulan : Berdasarkan hasil yang diperoleh lingkungan pembelajaran daring mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta sudah kearah positif. Perlu adanya evaluasi bagi institusi agar lingkungan pembelajaran selama daring menjadi lebih baik dan kuliatas pendidikan dapat ditingkatkan. Kata Kunci : DREEM, Lingkungan Belajar, Daring, Persepsi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine and Health > S1 Medical / Kedokteran
Depositing User: deni eryanto
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:49
Last Modified: 23 Feb 2024 07:49
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/6996

Actions (login required)

View Item View Item