Penguatan UKM di Tengan Pandemi COVID19 dengan Pendekatan Brandingdan Marketing
rudiatin, endang (2020) Penguatan UKM di Tengan Pandemi COVID19 dengan Pendekatan Brandingdan Marketing. Prosiding SemNaskat LPPM UMJ. pp. 1-10. ISSN 2714-6286
Text
8024-19772-1-SM.pdf Download (633kB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada seluruh sektor, terutama sektor ekonomi. Usaha Kecil Menengah (UKM) yang merupakan ujung tombak perekonomian di Indonesia pun terkena dampak pandemi Covid-19 ini. Salah satu dampak terbesarnya adalah penurunan penjualan. Hal ini juga dikarenakan sebagaian besar UKM, termasuk yang tergabung dalam ISMEA (Indonesian Small Medium Entreprise) belum mampu melakukan branding terhadap produknya dan pemasaran yang belum maksimal. Oleh sebab itu diperlukan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UKM yang tergabung dalam ISMEA untuk membangun brand dan reputasi produknya. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendamingan yang dilakukan secara online. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan video conference zoom meeting.Sedangkan pendampingan dilakukan dengan menggunakan aplikasi whatsapp grup. Pelatihan yang berlangsung selama lima sesi ini mendapat respon yang antusias dari peserta dan memberikan manfaat yang sangat besar kepada peserta pelaku UKM. Peserta belajar membangun brand dan membangun cerita dari produknya. Selain itu juga peserta mampu memanfaatkan media sosial secara maksimal untuk memasarkan produknya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial |
Depositing User: | Dr Endang Rudiatin |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 07:53 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 07:53 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/6888 |
Actions (login required)
View Item |