Penguatan UKM di Tengan Pandemi COVID19 dengan Pendekatan Brandingdan Marketing

rudiatin, endang (2020) Penguatan UKM di Tengan Pandemi COVID19 dengan Pendekatan Brandingdan Marketing. Prosiding SemNaskat LPPM UMJ. pp. 1-10. ISSN 2714-6286

[img] Text
8024-19772-1-SM.pdf

Download (633kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/artic...

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada seluruh sektor, terutama sektor ekonomi. Usaha Kecil Menengah (UKM) yang merupakan ujung tombak perekonomian di Indonesia pun terkena dampak pandemi Covid-19 ini. Salah satu dampak terbesarnya adalah penurunan penjualan. Hal ini juga dikarenakan sebagaian besar UKM, termasuk yang tergabung dalam ISMEA (Indonesian Small Medium Entreprise) belum mampu melakukan branding terhadap produknya dan pemasaran yang belum maksimal. Oleh sebab itu diperlukan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UKM yang tergabung dalam ISMEA untuk membangun brand dan reputasi produknya. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendamingan yang dilakukan secara online. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan video conference zoom meeting.Sedangkan pendampingan dilakukan dengan menggunakan aplikasi whatsapp grup. Pelatihan yang berlangsung selama lima sesi ini mendapat respon yang antusias dari peserta dan memberikan manfaat yang sangat besar kepada peserta pelaku UKM. Peserta belajar membangun brand dan membangun cerita dari produknya. Selain itu juga peserta mampu memanfaatkan media sosial secara maksimal untuk memasarkan produknya.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial
Depositing User: Dr Endang Rudiatin
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:53
Last Modified: 08 Nov 2021 07:53
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/6888

Actions (login required)

View Item View Item