POLA PENGASUHAN DAN PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA BERCERAI (Studi Kasus di Komplek Perumahan Griya Asri Kelurahan Jelupang Kecamatan Serpong Utara Tangerang Selatan)

ADE, IRMA SURYANI (2019) POLA PENGASUHAN DAN PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA BERCERAI (Studi Kasus di Komplek Perumahan Griya Asri Kelurahan Jelupang Kecamatan Serpong Utara Tangerang Selatan). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
ADE IRMA SURYANI FULL TEKT.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Keluarga adalah unit masyarakat terkecil dengan ikatan perkawinan yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari setiap anggota keluarga Keluarga yang ideal adalah keluarga yang seluruh anggotanya merasa bahagia yang ditandai oleh berkurangnya ketegangan, kekacauan dan merasa puas terhadap seluruh keadaan dan keberadaan dirinya baik aspek fisik, mental, emosi maupun sosial. Keluarga bercerai adalah keluarga yang mengalami disfungsi sosial di mana peran orangtua tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pola pengasuhan dan pendidikan anak pada keluarga bercerai yaitu pola pengasuhan dan pendidikan anak yang tinggal dengan ayah, ibu, keluarga ayah dan keluarga ibu di Komplek Perumahan Griya Asri Kelurahan Jelupang Kecamatan Serpong Utara Tangerang Selatan, 2019. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data primer adalah ayah, ibu, kakak, Keluarga ayah, keluarga ibu, Ketua RW, Ketua dan Sekretaris RT yang ditetapkan berdasarkan urgensi data penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, indepth interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif dari Milles dan Huberman (1994), yang meliputi langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi baik terhadap sumber, metode/teknik dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) dari keempat pola pengasuhan dan pendidikan anak yang tinggal dengan ayah saja, ibu saja, keluarga ayah, dan keluarga ibu menunjukkan bahwa pola pengasuhan dan pendidikan anak akan berjalan sebagaimana mestinya jika orientasi kehidupan beragama anak berjalan dengan baik serta didukung dengan kondisi ekonomi yang baik. 2) faktor kelemahan dan kekuatan pola pengasuhan dan pendidikan anak sangat tergantung kepada kondisi ekonomi dan orientasi kehidupan beragama yang dimiliki. Semakin kondusif kondisi ekonomi dan orientasi kehidupan beragama, maka semakin baik pola pengasuhan dan pendidikan pada anak dari keempat pola pengsuhan dan pendidikan anak tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:42
Last Modified: 08 Nov 2021 04:42
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/6884

Actions (login required)

View Item View Item