PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 6 TANGERANG SELATAN

Ine, Dwi Syamsudin (2019) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 6 TANGERANG SELATAN. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah terdapat pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMAN 6 Tangerang Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMAN 6 Tangerang Selatan Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Control Group pre test post test design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode role playing dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi target penelitian adalah seluruh siswa SMAN 6 Tangerang Selatan yang berjumlah 840 siswa. Populasi terjangkau sejumlah 154 dari seluruh siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPS 4, dan XI IPS 5. Adapun sampel penelitian yang diambil adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 5 sebanyak 59 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Instrumen untuk mengukur hasil belajar menggunakan pre test dan post test yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan t-test, yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitasnya. Hasil peneltian menunjukkan bahwa hasil selisih antara role playing dengan metode biasa sebesar 31,704. Hasil kontrol < eksperimen (101,392 < 133,096) maka ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMAN 6 Tangerang Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:40
Last Modified: 04 Nov 2021 07:40
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/6869

Actions (login required)

View Item View Item