IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP DAARUL QUR’AN INTERNASIONAL CIPONDOH

Ajeng, Aprilia (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP DAARUL QUR’AN INTERNASIONAL CIPONDOH. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Salah satu masalah yang terjadi di kalangan remaja khususnya siswa dalam berperilaku dan bertindak yaitu masalah karakter. Dimana banyak terjadi penyimpangan karakter baik dilakukan di rumah, di sekolah, maupun di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter di SMP Daarul Qur‟an Internasional Cipondoh, faktor pendukung, faktor penghambat serta solusi dari hambatan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pegumpulan data menggunakan metode observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Subjek yang diteliti adalah kepala sekolah, guru BK, wakil kepala bidang kesiswaan dan wakil kepala bidang pengasuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi pendidikan karakter yang dikembangkan di SMP Daarul Qur‟an Internasinal Cipondoh adalah berdasar kepada visi, misi dan Daqu Method. Implementasi pendidikan karakter di SMP Daarul Qur‟an Internasinal Cipondoh dilaksanakan oleh siswa dan seluruh warga sekolah baik kepala sekolah, guru dan staf lainnya dengan mengimplementasikan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran maupun di luar kegiatan pembelajaran. Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter yaitu latar belakag sekolah pesantren, konsep pembiasaan Daqu Method, teladan dari guru serta sarana dan prasarana yang mendukung. Faktor penghambatnya yaitu latar belakang keluarga siswa yang beragam, terbatasnya guru BK, tidak semua guru menguasai materi BK, dan keterbatasan interaksi guru dengan orang tua siswa.Solusi bagi hambatan implementasi pendidikan karakter dengan pelaksanaan pendidikan karakter sesuai visi, misi sekolah dan konsep Daqu Method dalam keseharian, mendatangkan tokoh dan sosialisasi pendidikan karakter dan selalu memberikan teladan dan bimbingan karakter kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:30
Last Modified: 26 Oct 2021 02:30
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/6848

Actions (login required)

View Item View Item