HUBUNGAN KEPRIBADIAN DAN LINGKUNGAN DENGAN KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Korelasional Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar di Tangerang Selatan

Mujtaba, Imam HUBUNGAN KEPRIBADIAN DAN LINGKUNGAN DENGAN KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Korelasional Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar di Tangerang Selatan. -.

[img] Text
TESIS IMAM MUJTABA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepribadian dan lingkungan dengan kemampuan Bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini dilakukan di Kota Tangerang Selatan dengan melibatkan 392 siswa kelas 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen skala penilaian dan dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi (regresi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif antara kepribadian dengan kemampuan Bahasa Indonesia anak dengan taraf signifikan α = 0,05, diperoleh t hitung 8,77 ˃ t tabel 1,97. (2) Terdapat hubungan positif antara lingkungan dan kemampuan bahasa Indonesia anak dengan tingkat signifikan α = 0,05, yang diperoleh t hitung 9,03 ˃ t tabel 1,97. (3) Terdapat hubungan positif antara kepribadian dan lingkungan bersama dengan kemampuan bahasa Indonesia dengan tingkat signifikan α = 0,05, diperoleh thitung 7,92 ˃ t tabel 1,97. Implikasi dalam penelitian ini mengidentifikasi bahwa kemampuan bahasa Indonesia dapat dipengaruhi oleh kepribadian dan lingkungan. Kata Kunci : kepribadian dan lingkungan dengan kemampuan bahasa indonesia

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Early Childhood Education / Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Depositing User: Drs Imam Mujtaba
Date Deposited: 13 Sep 2021 08:13
Last Modified: 13 Sep 2021 08:13
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/6736

Actions (login required)

View Item View Item