Pengaruh Reward Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA di SD Labschool FIP UMJ

Authors

  • Dewi wulandari UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
  • Azmi Al Bahij UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
  • Imam Mujtaba UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
  • Venni Herli Sundi UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.37150/perseda.v4i1.1192

Keywords:

reward, keaktifan, belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh antara pemberian reward terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Labschool FIP UMJ. Penelitian ini dilaksanakan di SD Labschool FIP UMJ pada tanggal 18 Januari sampai dengan 12 Februari 2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 42 siswa, maka sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu sampel jenuh. Jumlah sampel ditentukan dengan sampel jenuh sehingga sampel berjumlah 42 respondesn. Setiap siswa mengisi lembar kuesioner pernyataan dengan skala likert yang berisikan dengan skor 5 (sangat sering), 4 (sering), 3 (kadang-kadang), 2 (pernah), 1 (tidak pernah). Hasil penelitian ini yaitu adanya pengaruh reward terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Labschool FIP UMJ sebesar 60,6 %. Jadi nilai signifikansi 0,000<0,05, maka H0  ditolak dan Ha  diterima, artinya adalah adanya pengaruh secara signifikan antara pengaruh reward dengan keaktifan belajar IPA

Downloads

Published

2021-06-03

Issue

Section

Articles