PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Cahyawati, Cahyawati and Eminita, Viarti (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7 (1). pp. 77-84. ISSN 2614-8234

[img] Text
5806 - Published Version

Download (33kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc

Abstract

Penelitianini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa sehingga penulis tergerak untuk menerapkan model pembelajaran mind mapping dan metode drill yang diharapkan mampu menjadi solusi dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping dan metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-6 MTs Negeri 1 Jakarta. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes. Instrumen tes menggunakan tes uraian untuk soal pretest dan posttest. Instrumen tes dibuat sebanyak 15 soal yang disesuaikan dengan indikator materi statistika dan indikator hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa pada pretest dan posttest terdapat perbedaan dan dapat ditunjukkan dalam perhitungan uji hipotesis uji-t paired sample dengan t.hitung > t.tabelt atau 12,61 > 1,714 yang berarti bahwa H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mapping dan metode drill berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Mathematics Education / Pendidikan Matematika
Depositing User: Viarti Eminita
Date Deposited: 28 Aug 2021 06:12
Last Modified: 28 Aug 2021 06:12
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5990

Actions (login required)

View Item View Item