Author
Diah Andika Sari(1), Rahmita Nurul Mutmainah(2), Ika Yulianingsih(3), Tiara Astari Tarihoran(4), Munifah Bahfen(5),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Olahraga, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
(4) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
(5) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Diah Andika Sari
Article Analytic |
Available online: 2020-07-09 | Published : 2020-07-09
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 4735 times PDF Downloaded: 2503 timesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan ibu untuk bermain bersama anaknya sejak diberlakukannya aturan dirumah saja. Metode penelitian dilakukan dengan metode survey, menggunakan angket dengan aplikasi google form. Teknik pengambilan sampling dengan metode purposive sampling, yaitu ibu yang mempunyai anak berusia 2 sampai 8 tahun. Penyebaran angket dilakukan secara on line melalui broadcast whatsapp, FB, dan IG, sejak 9 sampai 20 April 2020. Dari 545 ibu didapatkan bahwa dampak positif masa PSBB dirumah saja adalah membuat ibu mempunyai waktu yang lebih berkualitas bersama anak, dan dapat melakukan kegiatan bersama-sama. Disisi lain anak-anak menjadi rewel karena bosan dirumah saja, merasa kangen dengan teman, guru dan sekolahnya. Menghadapi situasi ini ibu merasa bingung untuk bermain bersama anaknya. Ibu juga merasakan lelah, bosan, dan kurang sabar, karena banyaknya pekerjaan lain yang harus dilakukan ibu selain mengurus anak. Kurangnya kesiapan ibu untuk bermain bersama anak sepanjang hari dan setiap hari selama masa PSBB.
Keywords
References
Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris : Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Adminitrative Law & Governance Journal., 2(4), 697709. https://doi.org/10.14710/ALJ.V2I4.697 - 709
Andika Sari, D. (2017). Childrens Gross Motor: After-school Activities And Mothers Role at Home (A Survey Study of Kindergarten Group A, at Pondok Aren District, Tangerang Selatan, Banten Province, Indonesia). 494499. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.86
Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 4458. https://www.researchgate.net/publication/341151841_Persepsi_Mahasiswa_PIAUD_terhadap_Kuliah_Online_di_Masa_Pandemi_Covid_19
Ansori, M. H. (2020). Wabah COVID-19 dan Kelas Sosial di Indonesia.
Barlow, J., & Coren, E. (2018). The Effectiveness of Parenting Programs: A Review of Campbell Reviews. Research on Social Work Practice, 28(1), 99102. https://doi.org/10.1177/1049731517725184
Berita Terkini | Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. (2020).
Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Metodologi Penelitian Kuantitatif (p. 132). Kencana.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 5561. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Gloria. (2020). Sehat Mental Selama di Rumah dengan Aktivitas Positif Bersama Keluarga. Ugm.Ac.Id.
Hossain, S. M., Huq, S., Adhikari, B., Eusuf Zai, S. Z., & Haque, S. M. T. (2015). Parenting skills affect child behaviors in a selected area of Nepal. South East Asia Journal of Public Health, 5(1), 4448. https://doi.org/10.3329/seajph.v5i1.24851
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Murtiningsih, D. (2013). Peran Orangtua dalam Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (4-6 Tahun) di Rumah (Studi Pada RT. 05/07 Kelurahan Gegerkalong Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2).
Novrinda, Nina kurniah dan Yulidesni. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Universitas Negeri Bengkulu.
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 118. https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037
Sari, Y. I. (2020). Sisi Terang Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 8994. https://doi.org/10.26593/JIHI.V0I0.3878.89-94
Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 2837. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V2I1.80
Situmorang, M. (2020). Covid-19 Mengubah Lanskap Konflik Global (?). Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 18. https://doi.org/10.26593/JIHI.V0I0.3880.1-8
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
UNICEF. (2020). Kiat Pengasuhan di Tengah Wabah Virus Corona (COVID-19). Unicef.Org.
Zulva, T. N. I. (2020). Summary for Policymakers. In Intergovernmental Panel on Climate Change (Ed.), Climate Change 2013 - The Physical Science Basis (pp. 130). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.