PENERAPAN METODE SOCRATES KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Ismah, Ismah and Muthmainnah, Rahmita Nurul PENERAPAN METODE SOCRATES KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.

[img] Text
FIBONACCI 2021.pdf - Published Version

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan metode socrates dengan pendekatan kontekstual secara dalam jaringan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Al-Inayah Pasar Rebo. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, pengolahan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa selama proses belajar berlangsung, sebagian besar siswa memberikan respon positif dan lebih dari 75% siswa aktif. Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yang mendominasi adalah kriteria cukup dan baik dengan rata-rata nilai 66,28. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Socrates dengan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika berjalan cukup baik

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Mathematics Education / Pendidikan Matematika
Depositing User: Ismah Ismah
Date Deposited: 25 Aug 2021 01:08
Last Modified: 25 Aug 2021 01:08
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5652

Actions (login required)

View Item View Item