PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Widyasari, Nurbaiti (2021) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurnal Fibonacci, 7 (1). pp. 45-50. ISSN 2460-7797
Other (Artikel Penerapan Media AR Peningkatan Pemahaman Matematis dilihat dari gaya belajar)
5524 - Published Version Download (36kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa melalui media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dalam hal gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah The One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Cirendeu 01 sebanyak 202. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Dimana instrumen tes berbentuk tes kemampuan pemahaman matematis dan non-tes dengan angket gaya belajar dan observasi. Analisis data kemampuan pemahaman matematis siswa dilakukan dengan uji One Way Anova menggunakan SPSS 16. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji ANOVA satu jalur dengan nilai signifikansi penggunaan AR sebesar 0,065. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran AR dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa tetapi tidak ada perbedaan dalam gaya belajar sisw
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Primary School Teacher Education / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Nurbaiti Widyasari |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 08:37 |
Last Modified: | 24 Aug 2021 08:37 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5620 |
Actions (login required)
View Item |