DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG BERBASIS POWTOON

Rosiyanti, Hastri and Eminita, Viarti and Riski, Riski (2020) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG BERBASIS POWTOON. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6 (1). pp. 77-86. ISSN 2460-7797

[img] Text
6831 - Published Version

Download (39kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/index

Abstract

Tujuan penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat penguasan secara mandiri siswa dan motivasi belajar siswa pada materi jarak dalam ruang (geometri ruang). Maka dari itu, peneliti bertujuan mengembangkan desain media pembelajaran animasi dengan menggunakan PowToon pada materi jarak dalam ruang agar siswa dapat mencapai tingkat penguasaan secara mandiri dan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D). Model yang digunakan diadopsi dari model ADDIE, tetapi dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan tahap awal yaitu tahap Analisis dan Desain. Berdasarkan hasil analisis kurikulum, peneliti melakukan desain pembelajaran geometri ruang berbasis animasi. Pertama peneliti melakukan kerangka desain dengan bantuan Microsoft Word, dan selanjutnya mendesain pembelajaran menggunakan aplikasi PowToon. Tim peneliti melakukan diskusi pada proses pembuatan desain media pembelajaran. Adapun perbaikan-perbaikan yang telah kami lakukan untuk mendapatkan hasil desain media pembelajaran yang terbaik. Dari hasil desain pembelajaran geometri ruang yang dikembangkan oleh peneliti diharapkan bermanfaat bagi siswa, yaitu siswa dapat mencapai tingkat penguasaan secara mandiri dan meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Mathematics Education / Pendidikan Matematika
Depositing User: Hastri Rosiyanti
Date Deposited: 25 Aug 2020 06:23
Last Modified: 25 Aug 2020 06:23
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item