STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIYAAN PERUMAHAN (KPR) BERMASALAH (Studi Kasus Pada BNI Syariah KCP Kalibata)
SUHAEMI, SUHAEMI (2017) STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIYAAN PERUMAHAN (KPR) BERMASALAH (Studi Kasus Pada BNI Syariah KCP Kalibata). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam UMJ.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
BNI Syariah pada tahun 2015 merupakan bank syariah terbesar ke lima setelah BRI Syariah dengan asset sebesar Rp. 20.343 triliun. Cabang Pembantu Kalibata merupakan salah satu cabang yang menghadapi permasalahan pembiayaan bermasalah (NPF), Pembiayaan bermasalah KCP Kalibata sekitar 2,6% pada semester pertama 2015. Sementara total penyaluran pembiayaan di sektor produktif mencapai 45% dan sisanya 55% disalurkan pada sektor konsumtif. Dari 55% tersebut, 83% disalurkan dalam bentuk pembiayaan Griya iB Hasanah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana Strategi BNI Syariah (KCP) Kalibata Dalam Pembiyaan KPR Bermasalah. Teknik penulisan yang digunakan skripsi ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan metorde deduktif dan induktif. Teknik analisis ini digunakan untuk menggambarkan dengan jelas tentang startaegi penanganan pembiayaan bermasalah produk pembiayaan KPR iB Hasanah. Sumber data yang diperoleh dari Wawancara Kepala Cabang Pembantu Kalibata dan sumber-sumber lain yang terkait dengan pembahasan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Kalibata dalam menilai nasabah untuk penyelamatan pembiayaan dilakukan dengan menilai dan menganalisis 3 pilar kelaikan nasabah, yaitu pilar kemampuan membayar kembali, pilar agunan, dan pilar kredibilitas manajemen, dengan cara melaksanakan call, pengecekan kepada kreditur lain, dan melakukan kunjungan setempat dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang cukup dan tepat, guna untuk menetapkan strategi penyelamatan. Penyelamatan pembiayaan bermasalah untuk produk Griya iB Hasanah, BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Kalibata melakukan Restrukturisasi dengan Resecheduling dan Reconditioning. Kesimpulan penelitian ini bahwa strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah Bank BNI Syariah KCP Kalibata dilakukan secara musyawarah antara pihak Bank dan Nasabah dengan menitikberatkan pada penyelesaian melalui Resecheduling, Reconditioning, dan Restrukturing.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | Tia Mutiawati |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 04:40 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 04:40 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5129 |
Actions (login required)
View Item |