Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fiqih di SD Islam AlAmjad Jakarta Selatan.

Annisa, Ramadhani (2021) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fiqih di SD Islam AlAmjad Jakarta Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI Annisa Ramadhani (2017510069).pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam pelajaran fiqih yaitu metode yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional. Terdapat banyak metode yang digunakan guru agar para siswa dapat memahami pelajaran fiqih dengan baik. Salah satunya adalah Metode Demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar fiqih di SD Islam Al-Amjad Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan menggunakan desain Posttest Only Group Design. Populasi target penelitian adalah siswa kelas II SD Islam Al-Amjad yang berjumlah 36 siswa yaitu kelas II A 18 siswa dan II B 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument test untuk menjaring data Y1 dan Y2. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Metode Demonstrasi dan varibel terikat yaitu Hasil Belajar Fiqih. Validitas test instrument diuji dengan rumus product moment dan untuk mengetahui reliabilitasnya di uji dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf signifikan  = 0,05 dan dk=(n1+n2)-2 = 18 + 18 – 2 = 34 maka diperoleh Ttabel = 2,03 dan Thitung = 2,77. Karena Thitung > Ttabel maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh metode Demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih pada siswa SD Islam Al-Amjad Jakarta Selatan. Pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar fiqih diperoleh koefisien korelasi sebesar R = 0,967 dan koefisien determinasi sebesar R = r2 = 0,935, pengujian signifikasi terhadap pengaruh thitung (15,21) > ttabel (1,734) pada  = 0,05, menunjukkan bahwa koefisien korelasi signifikan. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa metode demonstrasi mempunyai hubungan terhadap

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:54
Last Modified: 16 Jun 2021 03:54
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5062

Actions (login required)

View Item View Item