Upaya Pondok Pesantren Dalam Membentuk Keterampilan Berbahasa" (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfizh Ekonomi Islam Multazam)

Firman, Sang Bayu Wicaksono (2021) Upaya Pondok Pesantren Dalam Membentuk Keterampilan Berbahasa" (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfizh Ekonomi Islam Multazam). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Skripsi Firman Sang Bayu Wicaksono (2016510030).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Bahasa merupakan wadah ilmu alat yang berfungsi sebagai sarana adaptasi dalam kemajuan pengetahuan yang juga dapat mengakses informasi sains dan teknologi. Artinya bahwa melalui kemampuan dan keterampilan berbahasa asing dapat memberikan cakrawala pengetahuanya sehingga menjadi melek terhadap perkembangan. Disisi lain, perjalanan globalisasi yang semakin pesat, mendorong setiap individu untuk dapat beradaptasi dan tetap eksis agar dapat hidup (survive) dan bersaing di era modern.Jika melihat realitas kondisi masyarakat Indonesia, kita dihadapkan pada kenyataan akan banyaknya budaya dan bahasa yang memiliki ciri khas dan dialeknya masing-masing, kita tentu mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan berbagai karakteristiknya pun tidak terlepas dari adanya kendala dan problematika. Karena bahasa Arab dan bahasa Inggris bukanlah bahasa yang bisa dipelajari secara instan dan total bagi orang awam, terlebih di Indonesia bahasa Arab dan bahasa Inggris merupakan bahasa asing. Jadi untuk mempelajari bahasa asing diperlukan waktu dan pemahaman yang cukup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pondok pesantren dalam membentuk keterampilan berbahasa Arab dan inggris santriwan dan santriwati di Pondok Pesantren Tahfizh dan Ekonomi Islam (PTEI) Multazam serta faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk keterampilan berbahasa Arab dan Inggris santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Tahfizh dan Ekonomi Islam (PTEI) Multazam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumkentasi. Hasil dari penelitian ini adalah upaya-upaya yang di lakukan pondok pesantren dalam membentuk keterampilan berbahasa asing bagi santri di Pondok Pesantren Tahfizh dan Ekonomi Islam (PTEI) Multazam ditempuh melalui kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikukiler sehiingga yang di upayakan sudah berjalan dengan baik.Denganadanya kegiatan berbahasa yang meliputi segala aktivitas santri di pondok pesantren merupakan serangkaian aktivitas pendidikanv yang berguna supaya santri dapat menguasai dua bahasa, yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris.Untuk faktor pendukung dalam membentuk keterampilan berbahasa ini berasal dari penghuni pondok pesantren itu sendiri, dari mulai motivasi dan dukungan yang di berikan dari atasan kemudian saling menyadari dan mengemban baik amanah sesuai porsinya masing-masing. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih adanya santri yang melanggar peraturan terutama kaka kelas yang membuat dampak hingga para adik-adiknya ikut-ikutan

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:47
Last Modified: 16 Jun 2021 03:47
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5061

Actions (login required)

View Item View Item