PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018
Salma, Luthfiyyah Az Zahra (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI Salma Luthfiyyah Az Zahra (2017510218).pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak cenderung berkurang seiring dengan meningkatnya tingkat pendidikan anak. Padahal menempuh pendidikan tinggi belum tentu anak sudah mandiri sepenuhnya. Anak masih perlu dibimbing dan diarahkan oleh orang tua agar anak tetap fokus pada tujuan utamanya belajar. Oleh karena itu peran orang tua dalam pendidikan anak sangat dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta Tajun Akademik 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan data berupa teks yang bersifat naratif. Penelitian ini mengambil 10 orang responden, yang terdiri dari 10 orang tua mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UMJ Tahun Akademik 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peran yang orang tua lakukan dalam memotivasi belajar mahasiswa adalah dengan mengontrol waktu belajar dan cara belajar anak, memantau perkembangan akademik dan perkembangan kepribadian anak, serta memantau efektifitas jam belajar anak di kampus. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran orang tua dalam memotivasi belajar mahasiswa diantaranya adalah pendidikan orang tua dan perhatian orang tua yang dipengaruhi oleh suasana jiwa. Kemudian faktor yang mendukung dan menghambat peran orang tua dalam memotivasi belajar mahasiswa diantaranya : a. Faktor Pendukung : adanya kerjasama antar keluarga, adanya ketegasan dari orang tua, pemberian hadiah atau reward, dan perhatian orang tua, b. Faktor Penghambat : kesibukan orang tua dan anak, kondisi tempat tinggal anak yang jauh dari orang tua, dan kurang memahami materi perkuliahan anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Yahya Yahya |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 03:36 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 03:36 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5060 |
Actions (login required)
View Item |