Efektifitas Pembelajaran Islam Melalui Whassap Group

Andriyani, Lusi (2020) Efektifitas Pembelajaran Islam Melalui Whassap Group. SEMNASLIT 2020. ISSN 2745-6080

[img] Text
8773-21958-1-PB.pdf

Download (317kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/artic...

Abstract

Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJWebsite: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslitE-ISSN: 2745-6080SEMINAR NASIONAL PENELITIAN 2020 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA, 7 OKTOBER 2020 124–UMJ -SHEfektifitas Pembelajaran Islam Melalui Whassap GroupRifqiyati1,*, Lusi Andriyani2, Arief Fitrijantio3, Fitri Handayani41Ilmu Kesejahteraan Sosial, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta,Jl. KH Ahmad Dahlan, Kode Pos154192Ilmu Politik, FakultasFISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH Ahmad Dahlan, Kode Pos154193Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 154124IlmuKomunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH Ahmad Dahlan, Kode Pos15419*E-mail:rifqiyati07@gmail.comABSTRAKMedia pembelajaran di perguruan tinggi, perlu bersentuhan dengan teknologi/internet yang kaya dengan berbagai aplikasi seperti aplikasi whatsApp yang paling diminati. Dalam kontek pembelajaran AIK, media sosial WhatsApp Group dianggap berperan menjadi alatbantu sekaligus menjadi inovasi baru untuk menambah materi selain yang diberikan di kelas. Berdasarkan urgensi di atas, tujuan penelitiini untukmelihat efektifitas pembelajaran Al Islam melalui media sosial WhatsApp Group.Hasil pre test menggambarkan bahwa, sebelum mahasiswa diberi pembelajaran melalui WA group, pemahaman responden tergolong “rendah”. Berdasar hasil test, rata rata pemahaman responden terhadap materi pembelajaran sebesar 23% dari seharusnya (100%). Temuan ini menggambarkan, masih banyakmuslim yang seharusnya telah memahami dasar dasar islam yang baik, namun ternyata menunjukkan sebaliknya. Hasil post test menunjukkan bahwa, setelah mahasiswa diberi pembelajaran melalui WA group, pengetahuan responden meningkat. Hasil test, rata rata pemahaman responden terhadap materi pembelajaran meningkat menjadi sebesar 37% dari seharusnya (100%). Nilai temuan ini belum sesuai dengan harapan capaian pembelajaran yang diinginkan (>70%), walaupun terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 59% dari sebelumnya. Pertumbuhan ini secara nilai cukup baik, menggambarkan adanya peningkatan pengetahuan akibat proses KBM seperti tersebut.

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Political Science / Ilmu Politik
Depositing User: Dr Lusi Andriyani
Date Deposited: 16 Jun 2021 01:11
Last Modified: 16 Jun 2021 01:11
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5053

Actions (login required)

View Item View Item