Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Peran Guru dalam Menumbuhkan Disiplin Shalat Berjama'ah Siswa di MTs.Al Sa'adah
Dilla, Puspa Ningrum (2019) Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Peran Guru dalam Menumbuhkan Disiplin Shalat Berjama'ah Siswa di MTs.Al Sa'adah. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Salah satu upaya yang di perlukan sekolah adalah meningkatkan peran guru sebagai pendidik, pembimbing, dan pelatih dalam rangka menumbuhkan disiplin shalat berjama‟ah di sekolah, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah meningkatkan peran guru dalam rangka menumbuhkan disiplin shalat berjama‟ah di MTs Al-Sa‟adah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis pendekatan Studi kasus (case study). Sumber data dari sumber data primer, kepala sekola, wakil kepala sekolah bidang, tata usaha, guru mata pelajaan, guru piket dan peserta didik dan sumber data sekunder adalah dokumen yang berkaitan dengan program/rencana yang berkaitan dengan pembinaan guru, pengawasan dan evaluasi. Penelitian ini memakai teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan doukumentasi, dan dalam analisis data, peneliti menggunakan model interactive model menurut, yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan (conclutions drowing/verifiying). Dan pemeriksaan keabsahan data memakai Triangulasi yang memiliki unsur, Triangulasi sumber, Triangulasi data, Triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, guru belum berperan dalam menumbuhkan disiplin shalat berjama‟ah siswa. Kedua, kedisiplinan siswa dalam shalat berjama‟ah sangat rendah dikarenakan belum adanyanya panisment dan bagi siswa yang tidak melakukan shalat berjama‟ah. Ketiga, upaya peningkatan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam belum sesuai indikator keberhasilan upaya peningkatan, kualitas implementasi masih kurang, luasnya penyebaran belum samapai keseluruh guru, sifat-sifat penyebaran tidak permanen. Keempat, Faktor pendukung dalam meningkatkan disiplin shalat berjama‟ah, karena sudah ada aula yang dapat menampung 80-100 siswa dan sudah tempat wudhu, tetapi masih harus ditingkatkan lagi, Faktor penghambat dalam meningkatkan shalat berjama‟ah siswa dikarenakan belum maksimalnya peran guru, tata tertib, dan panisment
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 01:35 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 01:35 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5037 |
Actions (login required)
View Item |