Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Pencocokan Kartu Indeks (Index Card Match) Di Kelas II MI Mazro’atul Ulum Ciledug

Labib, Romannada (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Pencocokan Kartu Indeks (Index Card Match) Di Kelas II MI Mazro’atul Ulum Ciledug. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI HARDCOVER.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui peningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui metode Index Card Match. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas II di MI Mazro’atul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di MI Mazro’atul Ulum Ciledug. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus, setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi digunakan untuk menyusun rencana yang selanjutnya. Pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan atau observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan instrument tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa perilaku siswa mengalami perubahan dari prasiklus sampai siklus I, yaitu prasiklus (77%), siklus I (90%). Perubahan juga terjadi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan berada pada kategori “baik”. Seluruh siswa merespon dengan baik pada saat pembelajaran maupun diskusi kelompok. Metode Index Card Match membuat siswa lebih percaya diri dan lebih memahami materi yang disampaikan. Hasilnya penggunaan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas II MI Mazro’atul Ulum Ciledug.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 10 Jun 2021 08:26
Last Modified: 10 Jun 2021 08:26
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5034

Actions (login required)

View Item View Item