PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA MTS. MADINATUNNAJAH CIPUTAT TANGERANG SELATAN

Muhamad, Barurrizqi (2021) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA MTS. MADINATUNNAJAH CIPUTAT TANGERANG SELATAN. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Skripsi.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Aqidah akhlak dalam meningkatkan Akhlakul Karimah siswa di MTs. Madinatunnajah Jombang, faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data digunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui (1) Peran guru aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs. Madinatunnajah Ciputat Tangerang Selatan tidak terlepas dari peran guru sebagai pengajar, pemimpin kelas, pembimbing, pengatur lingkungan, partisipan, ekspeditor, perencana, supervisor, motivator dan konselor. Guru sebagai pengajar telah dibekali dengan pelatihan dan peran guru sebagai pemimpin kelas, pembimbing, pengatur lingkungan, guru mampu mengelola kelas sebagai lingkungan belajar serta merupakan aspek dari lingkungan sekolah yang perlu diorganisasi. Lingkungan ini diatur dan diawasi agar kegiatankegiatan belajar terarah kepada tujuan-tujuan pendidikan. Sehingga kegiatan pembelajaran Aqidah akhlak sesuai dengan tujuannya. Guru menguasai materi pelajaran, guru memotivasi siswa, guru memberikan pembelajaran dengan baik, guru mampu mengelola kelas dengan baik dan mampu menerapkan metode pembelajaran dengan baik. Akhlak siswa di MTs. Madinatunnajah Ciputat Tangerang Selatan meskipun belum secara keseluruhan siswa memiliki akhlak terpuji, namun sebagian besar sudah memiliki akhlak yang baik, seperti: berbicara sopan dan santun, menghormati orang lain, berteman dengan siapa saja, ramah, mentaati peraturan, dan sebagainya, (2) Faktor penghambat yang dihadapi guru dalam meningkatkan akhlakul karimah di MTs. Madinatunnajah Jombang, terkait dengan : (1) masalah terutama berkaitan dengan waktu atau jam pengajaran yang singkat, (2) belum adanya sarana prasarana penujang kegiatan pembelajaran Aqidah akhlak. Sementara itu, faktor pendukungnya, meliputi : (1) Sistem boarding school, jadi lebih mudah mengatur dan lebih tepat dalam pengaplikasian mata pelajaran aqidah akhlak, dan (2) Pengawasan yang ketat terhadap perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:59
Last Modified: 10 Jun 2021 03:59
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5029

Actions (login required)

View Item View Item