Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) (Survei terhadap Mahasiswa PAI Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta) Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) (Survei terhadap Mahasiswa PAI Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta)

Ayu, Tri Yuningsih (2019) Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) (Survei terhadap Mahasiswa PAI Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta) Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) (Survei terhadap Mahasiswa PAI Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Beberapa fenomena yang terjadi pada mahasiswa yang studi di perguruan tinggi ketika memilih program studinya tidak selalu dari motivasi diri sendiri, tetapi karena ada faktor lain seperti adanya paksaan dari orang tua, pengaruh dari teman, pertimbangan biaya, jarak tempuh, ataupun budaya masyarakat. Namun, ada juga mahasiswa yang menentukan pilihan atas kesadaran sendiri, tetapi tidak komitmen dengan pilihannya. Tujuan pnelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi mahasiswa memilih Program Studi PAI. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi target penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam jenjang S1 yang telah terdaftar secara sah pada bidang akademik Tahun 2018/2019 yang berjumlah 659, terdiri atas perempuan sebanyak 347 dan laki-laki sebanyak 312. Populasi terjangkau/kerangka sampel diambil dari seluruh mahasiswa semester 2 dan 4 Tahun Akademik 2018/2019 berjumlah 376. Sampel peneltian berjumlah 75. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Validasi instrumen menggunakan korelasi product moment dan Alpha Chronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase faktor pertimbangan motivasi mahasiswa memilih program studi PAI atas kesadaran sendiri memperoleh frekuensi terbanyak sebesar 69,33%, sedangkan 21,33% orangtua/keluarga, 4% teman, 2,67% guru atau sekolah asal, dan 2,67% faktor lain. Sekalipun sebagian besar ketika memilih program studi atas dorongan sendiri (69,33%), namun yang menunjukkan komitmen sangat tinggi 5,33%, 36% responden menunjukkan komitmen tinggi, 36% sedang, dan 22,67% rendah. Hal tersebut dikarenakan adanya faktor penghambat yang mengganggu komitmen mahasiswa yaitu pelayanan akademik dan administratif yang kurang kondusif, sehingga menimbulkan perasaan kurang memuaskan. Keselarasan antara memilih program studi dengan cita-cita setelah lulus sarjana PAI dibuktikan dengan menjadi guru memperoleh frekuensi cita-cita terbanyak sebesar 53,33% dibandingkan dengan cita-cita ingin menjadi dosen, mendirikan yayasan, mengenal Islam lebih dalam, dan lain-lain. Meskipun sebagian besar faktor pertimbangan memilih program studi atas kesadaran sendiri (69,33%), namun motivasi mahasiswa untuk berprestasi atau N.Ach (97,33%) lebih tinggi dibanding motivasi untuk memperbanyak teman atau N.Aff (82,67%), dan mewujudkan cita-cita atau N.Pow (92%). Namun demikian tidak dipeoleh motivasi rendah dari tiga dimensi tersebut. Adapun faktor pendukung mahasiswa dalam belajar di PAI yaitu adanya motivasi keluarga dan teman yang selalu menjadi pendukung serta penyemangat dalam menjalani kuliah. Dan adanya dosen yang telah menyumbangkan banyak ide, pengetahuan serta pengalaman sehingga menjadikan mahasiswa untuk terus semangat dalam belajarnya guna mewujudkan cita-cita

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Mahasiswa, Program Studi Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 14 Jun 2021 01:35
Last Modified: 14 Jun 2021 01:35
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5028

Actions (login required)

View Item View Item