Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Gaya Hidup Hedonisme Siswa di SMA Taruna Mandiri

Rina, Andriyani (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Gaya Hidup Hedonisme Siswa di SMA Taruna Mandiri. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Gaya Hidup hedonisme adalah gaya hidup yang selalu mengutamakan kesenangan dunia, yang menganggap materi sebagai satu-satunya ukuran kebahagiaan. Remaja saat ini banyak yang bergaya hidup hedonisme dan gaya hidup hedonisme salah satu budaya yang mengarah pada kenakalan remaja. Salah satu upaya untuk menanggulangi gaya hidup hedonisme di sekolah yaitu melalui guru PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan bagaimana gaya hidup hedonisme siswa di SMA Taruna Mandiri. 2) Mendeskripsikan bagaimana upaya guru PAI dalam menanggulangi gaya hidup hedonisme siswa. 3) Mendeskripsikan faktor pendudkung dan penghambat dalam upaya menanggulangi gaya hidup hedonisme siswa di SMA Taruna Mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti memilih metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gaya hidup siswa yang tergolong hedonisme yaitu nongkrong, suka membeli barang bermerek, malas, tidak mau belajar, tidak mau repot dengan tugas-tugas sekolah, tidak mau berproses, Boros. Suka berfoya-foya, melakukan apa saja untuk mendapatkan barang yang dinginkan. 2) upaya yang dilakukan oleh guru PAI untuk menanggulangi gaya hidup hedonisme yaitu Siswa yang malas belajar diberi bimbingan dan motivasi secara langsung, siswa yang berperilaku boros dilatih untuk menabung , siswa yang suka nongkrong diberi bimbingan pribadi, siswa yang kedapatan mencuri barang di mall dipanggil untuk dinasehati dan diberi sanksi serta dipanggil orangtuanya. 3) Dalam menanggulangi gaya hidup hedonisme siswa, terdapat faktor pendukung yaitu program sekolah yang mendunkung, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan orang tua dan rendahnya pengetahuan agama siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Upaya guru PAI, Hedonisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 10 Jun 2021 00:51
Last Modified: 10 Jun 2021 00:51
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5016

Actions (login required)

View Item View Item