Pengaruh Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru di SMP Muhammadiyah Parakan Pamulang

Muhammad, Hilal Baqi (2019) Pengaruh Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru di SMP Muhammadiyah Parakan Pamulang. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Masalah kinerja guru sangat menjadi perhatian karena mempunyai pengaruh terhadap kualitas Pendidikan, selain itu Kinerja guru memiliki peran penting dalam usaha mendapatkan hasil maksimal Lembaga Pendidikan tertentu. Terdapat banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru dan salah satunya adalah kompetensi professional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi professional terhadap kinerja guru di SMP Muhammadiyah Parakan Pamulang Tanggerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis korelasional, dan menggunakan tekhnik survey. Populasi target penelitian adalah seluruh guru di SMP Muhammadiyyah Parakan yang berjumlah 40 guru dan sampel 33 guru. Validitas instrument menggunakan Korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Sedangkan analisis data menggunakan Statistik Deskriptif dan infersial. Uji hipotesis menggunakan model regresi sederhana. Hasil penelitian model regresi Y= 6.162+0.929 X. Nilai 0.929 angka ini mengandung bahwa setiap penambahan 1 % tingkat kompetensi professional (X) maka Kinerja guru (Y) akan meningkat 0.929. uji linieritas sebagai uji persyaratan analisis menghasilkan F hitung < F table (0.131 < 4.16). diketahui t hitung 11.480 > t tabel 2040 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable kompetensi professional berpengaruh terhadap kinerja guru. Uji korelasi mengahasilkan (r xy ) sebesar 0,900 di konsultasikan kepada r tabel dengan n=33 dengan taraf signifikan 5%, nilai r tabel diperoleh sebesar 0,344. Hal ini menunjukan bahwa rhitung lebih besar dari r tabel (0,900 > 0,344). Berdasarkan hasil uji statistik dan hasil katagori kedua variabel tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kualitas kompetensi professional diikuti oleh peningkatan kinerja guru. Kompetensi professional mempunyai sumbangan efektif 81% yang berarti berada dalam katagori sangat tinggi. Sedangkan 19% yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru. Kompetensi professional, Kinerja guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 10 Jun 2021 00:51
Last Modified: 10 Jun 2021 00:51
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5014

Actions (login required)

View Item View Item