Pola Pendidikan Akidah kepada Anak Dalam Al-Qur’an (Studi Komparasi Kisah Keluarga Nabi Ya'qub di Surah Al-Baqarah dan Surah Yusuf)

Mujahid, Fatih (2020) Pola Pendidikan Akidah kepada Anak Dalam Al-Qur’an (Studi Komparasi Kisah Keluarga Nabi Ya'qub di Surah Al-Baqarah dan Surah Yusuf). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
skripsi Mujahid Fatih 2017510153.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas pola pendidikan akidah kepada anak perspektif AlQur‟an, Studi Komparasi Kisah Keluarga Nabi Ya'qub di Surah Al-Baqarah dan Surah Yusuf. Kajian ini dilatar belakangi masih kurang tepatnya pendidik dalam memilih pola asuh akidah kepada anak dan bentuk perhatiannya. Penanaman akidah kepada anak bukan hal yang mudah, terlebih di masa akhir zaman ini. Ujian berat bagi orag tua dalam upaya menjadikan anaknya tetap dalam kemurnian akidah amatlah sulit. Perlu adanya pengetahuan bagi orang tua dalam menetapkan pola pendidikan yang baik dalam menanamkan akidah anak. Sebagaimana Nabi Ya‟qub yang mengetahui pola asuh yang baik agar tujuan pendidikan pada anak tercapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola pendidikan akidah Nabi Ya‟qub kepada anak dalam surah Al-Baqarah dan surah Yusuf. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari para ulama ahli tafsir. Data yang dikumpulkan dalam menyelesaikan dan memberikan penafsiran tidak menggunakan angka/rumus statistik, melainkan berupa kata-kata yang digali dari buku atau literatur.Dengan demikian, penelitian ini lebih mengarah pada penelitian library research, yaitu teknik penelitian yang mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai macam materi baik berupa buku, surah kabar, majalah, jurnal, dan beberapa tulisan lain yang memiliki keterkaitan dengan pembahasan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nabi Ya‟qub dalam memberikan pendidikan akidah kepada anak-anaknya menggunakan pola asuh otoriter dan demokratis. Dalam surah Al-Baqarah ayat 133, ketika ajal Nabi Ya‟qub telah hadir di sisinya, Nabi Ya‟qub menerapkan metode dialog interaktif dengan pola asuh demokratis. Berbeda dengan masa-masa ujian dari anak-anaknya yang berbuat jahat kepada saudaranya (Yusuf), Nabi Ya‟qub menerapkan pola asuh otoriter tanpa dengan adanya hukuman dan kekerasan. Dengan demikian, Nabi Ya‟qub berhasil menjadi pendidik yang sukses menanamkan akidah kepada anakanaknya dan menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 08 Jun 2021 04:27
Last Modified: 08 Jun 2021 04:27
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5003

Actions (login required)

View Item View Item