Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa di SMP Negeri 104 Jakarta

Fitriani, Fitriani (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa di SMP Negeri 104 Jakarta. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam meningkatkan membaca Alquran adalah yang pertama, kurangnya kemauan siswa dalam belajar Alquran karena siswa terlalu sering menghabiskan waktu dengan handphone daripada meluangkan waktunya untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran., yang kedua, kurangnya perhatian orang tua, yang ketiga, lingkungan yang kurang mendukung. Menyikapi hal ini tentunya peran guru agama Islam dalam mengupayakan peningkataan kemampuan siswa membaca Alquran di SMP Negeri 104 Jakarta sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di SMP Negeri 104 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan metode deskriptif metode penelitian ini menggambarkan secara utuh dan mendalam tentang realitas sosial dan berbagai fenomena yang terjadi di sekolah. sumber data utama yaitu kepala sekolah, wakil kurikulum, dan guru pendidikan agama Islam. dan sumber data tambahan adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan studi dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca Alquran kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 104 Jakarta cukup baik dengan menggunakan metode iqra. Adapun faktor yang menghambat upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa yaitu, kurang berjalannya program yang dibuat oleh guru pendidikan agama Islam dikarenakan belum termasuk ekstrakurikuler wajib untuk siswa, waktu pembelajaran tambahan untuk siswa meningkatkan kemampuan membaca Alquran disekolah sangat terbatas, banyaknya siswa yang tidak konsisten dalam mengikuti kegiatan jam tambahan belajar membaca Alquran dan kurangnya minat dari siswa untuk mengikuti kegiatan tersebut serta kurangnya perhatian orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di sekolah SMP Negeri 104 Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Membaca Alquran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 09 Jun 2021 00:44
Last Modified: 09 Jun 2021 00:44
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4998

Actions (login required)

View Item View Item