Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Prespektif Montessori Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam

Zahrotun, Nisa (2021) Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Prespektif Montessori Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI ZAHROTUN NISA LENGKAP-123.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Berangkat dari kegelisahan penulis dalam mengamati realitas kehidupan. Dimana lemahnya kesadaran pendidikan karakter yang diterapkan sejak usia dini hingga menimbulkan banyaknya kelemahan karakter saat anak beranjak dewasa. Kelemahan karakter ini memunculkan anak akan berperilaku menyimpang dimasa mendatang. Melalui pendidikan karakter sejak usia dini merupakan suatu usaha untuk mencetak bibit unggul dalam menanggulangi kelemahan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memaparkan lebih mendalam lima nilai karakter bangsa dalam konsep pendidikan karakter anak usia dini prespektif Montessori dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Library Research atau kajian pustaka. Library Research yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan cara pengumpulan data dengan menghimpun data dari berbagai literatur. Sedangkan dalam teknis analisis data pada penelitian ini, menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, dari 18 nilai karakter bangsa Indonesia hanya 5 karakter yang penulis bahas. Lima nilai karakter bangsa tersebut adalah religius, disiplin, mandiri, peduli lingkungan, dan bertanggung jawab. Relevansi pendidikan karakter prespekrif Maria Montessori dengan pendidikan Islam adalah memiliki relevansi yang cukup kuat dengan pendidikan Islam. Karena dalam hal ini pendidikan karakter Montessori bertujuan untuk menciptakan anak yang berkarakter. Hanya saja dalam pendidikan Montessori masih bersifat umum atau belum memasukkan ajaran-ajaran Islam. Hal ini dikarenakan konsep Montessori dicetuskan oleh orang non Islam. Meskipun demikian, Meskipun demikian, sesungguhnya sebelum konsep pendidikan karakter Montessori ini muncul dasar-dasar pendidikan karakter sudah disebutkan jauh-jauh dalam Alqur’an dan Sunnah nabi Muhammad saw. yang menjadi pedoman ajaran Islam. Karena, sejatinya pendidikan Islam itu sendiri sudah ada sebelum ajaran-ajaran lain muncul.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:28
Last Modified: 08 Jun 2021 03:28
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4995

Actions (login required)

View Item View Item