Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah Bank (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bintaro)

Syifa, Fakhriyah (2021) Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah Bank (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bintaro). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI Syifa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen Hubungan Pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu unsur yang fundamental pada perusahaan untuk menjaga ketahanan hubungan dengan pelanggan. Tujuan dari manajemen hubungan pelanggan ini adalah untuk kepuasan jangka panjang yang melampaui transaksi individual. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang dihasilkan berwujud angka-angka hasil perhitungan atau pengukuran. pendekatan kuantitatif yang dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh variebel X (CRM) terhadap Y (Loyalitas Nasabah). Hasil penelitian menyimpulkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan identify(X1), acquire (X2), retain (X3), develop (X4), dan pemasaran yang berkelanjutan (X5) secara bersama-sama terhadap Loyalitas (Y). Hal ini dibuktikan dengan sig 0,000 <0,05 dan Fhitung = 7,268 > Ftabel = 3,16, 2) variebel X (CRM) yang paling berdominan terhadap Y (Loyalitas Nasabah) adalah variebel (X2) Acquire terhadap Y (Loyalitas Nasabah) yaitu : Terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,802 > 0,05 dan t hitung = 0,322. Dari tabel 4.15 juga dapat menjelaskan terdapat pengaruh yang signifikan acquire terhadap loyalitas memberikan kontribusi sebesar 8,9 % terhadap variabel loyalitas. Acquire berpengaruh langsung terhadap loyalitas. Hal ini menunjukkan bahwa makin tinggi acquire dengan tingkat pemberian reward (hadiah) pada nasabah, maka tingkat loyalitas semakin tinggi dengan melakukan pembelian produk dan jasa BSM secara terus menerus, merekomendasikan produk dan jasa BSM kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 28 May 2021 07:39
Last Modified: 08 Mar 2023 06:48
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4947

Actions (login required)

View Item View Item