UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MTS ISLAHUDDINYYAH PONDOK AREN PADA MASA PANDEMI

Muhammad, Gusti Pratama (2021) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MTS ISLAHUDDINYYAH PONDOK AREN PADA MASA PANDEMI. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI M GUSTI PRATAMA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Di dalam dunia Pendidikan, akhlak peserta didik dari tahun ketahun semakin memburuk. Kegelisahan orang tua karena akhlak anaknya yang semakin jauh dari nilai agama membuat orang tua kebingungan untuk menyikapinya. Selalu muncul masalah di dalam dunia Pendidikan yang berhubungan dengan peserta didik. Padahal peserta didik adalah generasi penerus bangsa ini. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Di MTs ISLAHUDDINIYYAH. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kehadiran peneliti di lapangan sangat penting mengingat skripsi ini adalah kualitatif. Peneliti bertindak langsung sebagai instrumen lapangan dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi. Data yang berbentuk kata-kata diambil dari para informan atau responden pada waktu mereka diwawancarai. Dengan kata lain data-data tersebut berupa keterangan dari para informan, sedang data tambahan berupa dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs ISLAHUDDINIYYAH dilakukan dengan sangat serius, karena kondisi akhlak sebagian siswa masih kurang baik, seperti masih sering terjadinya kenakalan-kenakalan yang siswa lakukan disekolah, dan masih banyak juga terjadi pelanggaran tata tertib sekolah yang membuat upaya guru untuk membina akhlak siswa di MTs ISLAHUDDINIYYAH semakin intens. Untuk itu guru telah melakukan berbagai upay untuk meningkatkan akhlak siswa yaitu dengn memberikan teladan sebagai perwujudan peran guru agar dapat digugu dan ditiru, kemudian dilakukan pembaruan aturan sekolah karena para guru sadar peraturan yang lama tidak dapat diterapkan lagi untuk siswa zaman yang berbeda. Upaya lain yang dilakukan guru adalah selalu memberikan motivasi kepada siswa agar siswa selalu menerapkan akhlak yang baik ketika berinteraksi di manapun, kapanpun dengan siapapun terutama dengan guru, orang tua dan yang usianya lebih tua. Kemudian yang tak kalah pentingnya adalah upaya guru melakukan kerjasama dengan orang tua, agar mereka terlibat dalam membina akhlak putra putri mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 28 May 2021 03:56
Last Modified: 28 May 2021 03:56
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4945

Actions (login required)

View Item View Item