Upaya Kegiatan Lembaga Ekstra Kurikuler Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al�Qur’an Siswa Kelas XI SMA Islam Al-Ghozali Kabupaten Bogor
Muhammad, Aji Amrullah (2021) Upaya Kegiatan Lembaga Ekstra Kurikuler Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al�Qur’an Siswa Kelas XI SMA Islam Al-Ghozali Kabupaten Bogor. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
muhammad aji amrullah.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Salah satu kendala yang dihadapi siswa kelas XI SMA Islam Al-Ghozali adalah peserta didik yang kurang atau bahkan belum mampu membaca Al-Qur’an secara tartil dan benar, Permasalahan yang sering tampak pada siswa SMA pada umumnya bahwa untuk membaca dengan benar sesuai aturan (tartil) dirasakan oleh sebagian besar guru pada saat mengajarkan agama pada kompetensi bacaan al-Qur’an masih banyak yang belum mencapai kemampuan tersebut bahkan sekedar mmbaca biasa saja banyak siswa yang belum mampu membaca al�Qur’an. Kenyataan seperti itulah tidak sedikit orang tua siswa, serta guru mendorong anak untuk mendapat pelajaran khusus di tempat pendidikan non formal antara lain Madrasah Aliyah, Taman Pendidikan al-Qur’an (TPA), Pengajian-pengajian dengan metode tradisional ataupun metode baca terbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SMA Islam Al-Ghozali dan mengatasi keterbatasan waktu pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siswa kelas XI SMA Islam Al-Ghozali, mengembangkan materi pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, memilih metode pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yang tepat dan faktor apa sajakah yang merupakan pendukung dan penghambat dalam kegiatan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti ingin memahami dan mengungkapkan aktifitas ekstra kurikuler Baca Tulis Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Baca Tulis Al-Qur’an di SMA Islam Al-Ghozali secara rinci dan komprensif. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, karena peneliti ingin mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan ekstra kurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di SMA Islam Al-Ghozali. Subjek penelitian ini berupa individu, kelompok dan lembaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha yang dilakukan para guru yang ahli dalam bidang BTQ di SMA Islam Al-Ghozali dengan cara mengadakan kegiatan ekstra kurikuker BTQ untuk peserta didik yang ingin mengembangkan kemampuannya di dalam BTQ. Kegiatan ekstra kurikuler ini tidak hanya mengisi kekosongan waktu siswa di waktu senggang tetapi juga menambah kemampuan dan potensi setiap siswa yang ahli di bidang Al-Qur’an agar mereka dapat memanfaatkannya di kehidupan masyarakat serta mengajak dan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya membaca, menulis dan menghafalkan Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan kaidah-kaidah membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Yahya Yahya |
Date Deposited: | 28 May 2021 00:49 |
Last Modified: | 28 May 2021 00:49 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4939 |
Actions (login required)
View Item |